Wajib Diburu Wisatawan, Ini 8 Oleh-Oleh Khas Lampung

Berikut oleh-oleh Lampung yang wajib diburu wisatawan

oleh Switzy Sabandar diperbarui 06 Mei 2023, 00:00 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2023, 00:00 WIB
Lebih dari 50 jenis kopi lokal Indonesia dipamerkan di dalam gelaran Expo 2020 Dubai. Kopi tersebut antara lain Luwak, Gayo, Kintamani, robusta Lampung, Leci Pranger Priyangan, Bajawa Flores, Toraja, dan Ijen Banyuwangi. (Dok Kemendag)
Lebih dari 50 jenis kopi lokal Indonesia dipamerkan di dalam gelaran Expo 2020 Dubai. Kopi tersebut antara lain Luwak, Gayo, Kintamani, robusta Lampung, Leci Pranger Priyangan, Bajawa Flores, Toraja, dan Ijen Banyuwangi. (Dok Kemendag)

Liputan6.com, Lampung - Selain alamnya, Lampung juga memiliki berbagai oleh-oleh menarik yang wajib diburu oleh para wisatawan. Tak hanya makanan, oleh-oleh tersebut juga berupa kerajinan tangan yang sangat pas dijadikan kenang-kenangan.

Mengutip dari disparekraf.lampungprov.go.id, berikut oleh-oleh Lampung yang wajib diburu wisatawan:

1. Keripik Pisang

Lampung adalah salah satu penghasil pisang terbesar di Indonesia. Tak heran jika Lampung memiliki produk oleh-oleh khas yang sangat populer, yaitu keripik pisang.

Keripik pisang khas Lampung memiliki berbagai varian rasa, seperti manis, asin, cokelat, keju, durian, stroberi, hingga balado. Selain dijadikan oleh-oleh, keripik pisang juga bisa dijadikan camilan selama perjalanan menikmati keindahan Lampung.

2. Pie Pisang

Masih berbahan dasar pisang, kuliner dari pisang lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah pie pisang. Pie pisang terasa garing di luar, tetapi memiliki tekstur lembut di dalam. Pada bagian dalam pie pisang biasanya diisi dengan berbagai macam isian, seperti cokelat, kacang almond, keju, hingga oreo.

3. Sambal Lampung

Lampung juga memiliki aneka sambal yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Terdapat berbagai macam varian sambal yang bisa dipilih, mulai dari sambal goreng udang, sambal cuka, sambal ijo khas Lampung, sambal bawang khas Lampung, sambal ikan peda, serta sambal tempoyak dan seruit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kemplang

4. Kemplang

Kemplang memiliki cita rasa yang gurih dengan tekstur renyah. Kemplang cukup tahan lama, sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

5. Lempok Durian

Lempok menjadi salah satu oleh-oleh yang populer di Lampung. Proses pembuatan lempok sama persis dengan proses pembuatan dodol.

Saat membuat lempok durian, daging durian dicampur dengan gula untuk dimasak. Selain aromanya yang kuat, lempok durian juga memiliki rasa yang unik, yakni manis sekaligus gurih dengan tekstur yang agak kenyal.

6. Manisan

Lampung memiliki banyak manisan buah-buahan yang tersedia di toko oleh-oleh Lampung. Manisan-manisan ini sudah melalui proses pengawetan dengan cara direndam di dalam air gula selama beberapa waktu. Adapun jenis manisan buah yang bisa dipilih adalah pepaya, salak, mangga, kedondong, dan masih banyak lagi.

7. Kopi Lampung

Selain makanan, Lampung juga memiliki minuman khas yang cocok dijadikan oleh-oleh, yakni kopi. Lampung memang merupakan salah satu penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia. Lampung memiliki kebun kopi robusta yang menghasilkan biji kopi berkualitas tinggi.

8. Kain Tapis

Kain tapis merupakan kain tenun tradisional khas Lampung. Kain ini dihasilkan melalui teknik tenun tradisional dengan warna dominan emas dan perak. Motifnya pun cukup menarik, yaitu motif alam, flora, fauna, hingga motif rumah-rumah adat.

Dahulu, kain ini hanya dikenakan oleh keluarga bangsawan Lampung pada acara adat, seperti pemberian gelar, upacara perkawinan, dan upacara mengangkat saudara. Namun, kini kain tapis bisa dibeli oleh siapa saja dan menjadi oleh-oleh khas Lampung yang banyak diburu wisatawan.

(Resla Aknaita Chak)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya