Akibat Kerusakan Mesin, Pesawat Garuda Tujuan Jakarta Kembali ke Manado

General Manager Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai mengungkapkan, pesawat Garuda rute Manado-Jakarta berangkat pukul 08.30 Wita dari Bandara Sam Ratulangi Manado.

oleh Yoseph Ikanubun diperbarui 10 Jun 2023, 04:02 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2023, 13:24 WIB
Pesawat Garuda rute Manado-Jakarta dengan nomor penerbangan 607 berangkat pukul 08.30 Wita dari Bandara Sam Ratulangi Manado.
Pesawat Garuda rute Manado-Jakarta dengan nomor penerbangan 607 berangkat pukul 08.30 Wita dari Bandara Sam Ratulangi Manado.

Liputan6.com, Manado - Diduga akibat mengalami gangguan mesin, pesawat Garuda dengan rute Manado-Jakarta tidak bisa melanjutkan penerbangan setelah 30 menit mengudara. Pesawat itu akhirnya kembali dan mendarat darurat di Bandara Sam Ratulangi Manado, Rabu (31/5/2023).

General Manager Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai mengungkapkan, pesawat Garuda rute Manado-Jakarta dengan nomor penerbangan 607 berangkat pukul 08.30 Wita dari Bandara Sam Ratulangi Manado. Namun terjadi kerusakan mesin setelah 30 menit mengudara.

"Akhirnya pesawat kembali dan mendarat darurat di Bandara Sam Ratulangi Manado pada pukul 09.28 Wita," ujar Minggus didampingi Stakeholder Relation Yanti Pramono.

Dia mengatakan, pesawat yang membawa 88 penumpang dan 7 awak itu mengalami kendala teknis saat sudah terbang sekitar 30 menit. Ada kendala teknis, kendala operasional, sehingga pesawat Garuda tersebut balik lagi ke Manado.

"Bersyukur pesawat mendarat dengan baik, dan penumpang semua selamat," kata Minggus.

Menurutnya, sesuai prosedur pihaknya menyiagakan mobil pemadam kebakaran.  Setelah mendarat, penumpang diturunkan dan masuk lagi ke terminal.

“Bersyukur semua terkendali. Penumpang sehat, tidak apa-apa, semua ditangani sesuai prosedur," katanya.

Salah satu penumpang mengatakan setelah terbang sekitar 30 menit, perkiraan di atas Gorontalo pesawat seperti melayang, oleng. Mesin sepertinya mati.

"Kami panik, pesawat terbang terasa lambat. Syukurlah bisa kembali mendarat dengan selamat di Manado," ujarnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya