Fakta-Fakta Menarik Hari Ciuman Internasional yang Diperingati Setiap 6 Juli

Awalnya, tradisi ciuman di Inggris kemudian menyebar ke seluruh dunia.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 06 Jul 2023, 14:01 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi ibu dan anak, ciuman, kecupan
Ilustrasi ibu dan anak, ciuman, kecupan. (Photo by Omar Lopez on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ciuman Internasional diperingati setiap 6 Juli di seluruh dunia. Peringatan tersebut menjadi momentum untuk menunjukkan afeksi kepada orang tercinta melalui ciuman.

Menurut laman Days of the Year, asal-usul perayaan Hari Ciuman Internasional bermula dari Inggris. Pada 2005 silam, terdapat hari yang dikenal sebagai British National Kissing Day atau Hari Ciuman Nasional Inggris.

Tradisi ciuman di Inggris tersebut ternyata menyebar ke seluruh dunia. Barulah sejak 2006, 6 Juli dikenal sebagai Hari Ciuman Internasional.

Ciuman dihargai sebagai bentuk kasih sayang, ekspresi cinta, dan keintiman antara pasangan, teman, atau anggota keluarga. Pada Hari Ciuman Internasional, orang-orang di seluruh dunia merayakannya dengan berbagai cara.

Di beberapa negara, ciuman dianggap sebagai tindakan intim dan romantis yang dapat mengungkapkan perasaan kasih sayang, kebersamaan, dan gairah di antara pasangan.

Namun, penting untuk selalu menghormati privasi dan batasan pribadi orang lain. Setiap individu memiliki preferensi dan batasan yang berbeda-beda.

Selain fakta-fakta yang telah disebutkan sebelumnya, berikut adalah beberapa fakta menarik lainnya tentang Hari Ciuman Internasional:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fakta tentang Ciuman

Ciuman
Ilustrasi ciuman. Ilustrasi/copyright unsplash.com/Sorin Sirbu

1. Ciuman tidak hanya ditunjukkan kepada pasangan, tetapi juga orang-orang terdekat seperti orangtua, anak, dan sahabat. Singkatnya, ciuman menjadi bagian dalam ikatan sosial.

2. Hanya manusia yang bisa melakukan jenis ciuman ekstrem. Bibir manusia berbeda dengan makhluk hidup lainnya, sehingga manusia adalah satu-satunya spesies yang bisa melakukan jenis ciuman ekstrem.

3. Saat berciuman, seseorang akan cenderung memiringkan kepala ke kanan.

4. Pria lebih suka bereksplorasi ciuman menggunakan lidah ketimbang wanita.

 


Selanjutnya

Couple Ciuman
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

5. Wanita selalu fokus pada bau mulut pria saat ciuman. Psikolog evolusioner Gordon Gallup dari State University of New York di Albany menemukan bahwa ketika wanita memutuskan apakah akan mencium pria, mereka lebih memperhatikan bau mulut pria daripada penampilannya.

5. Ciuman pertama adalah momen yang tak terlupakan dan akan diingat seumur hidup.

6. Ciuman bisa meningkatkan gairah dan meredakan ketegangan. Saat berciuman, tubuh melepaskan hormon oksitosin, epinefrin, dan dopamin, yang bisa menurunkan tekanan darah, meredakan ketegangan, dan menenangkan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya