5 Destinasi Wisata Indonesia Ini Cocok untuk Para Petualang

Terdapat banyak destinasi wisata Indonesia yang dapat memenuhi keinginan tersebut.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 16 Jul 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 16 Jul 2023, 10:00 WIB
Suasana Siang Hari di Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat
Suasana Siang Hari di Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat (pinterest/mapsofworld)

Liputan6.com, Yogyakarta - Bagi pencinta wisata petualangan, liburan bukan sekadar waktu untuk bersantai dan berfoto. Tak heran, para pemilik jiwa petualangan pun akan memilih destinasi wisata tak biasa untuk mengisi waktu berliburnya.

Berbagai aktivitas menantang kerap dipilih sebagai waktu untuk menikmati akhir pekan. Selain untuk menguji keberanian, hal ini juga merupakan bentuk rasa penasaran.

Terdapat banyak destinasi wisata Indonesia yang dapat memenuhi keinginan tersebut. Berikut beberapa destinasi wisata yang cocok untuk para petualang:

1. Curug Naga, Jawa Barat

Curug Naga berlokasi di Megamendung, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Sesuai namanya 'curug' atau air terjun, destinasi wisata ini banyak menawarkan aktivitas yang berkaitan dengan air.

Curug Naga memiliki tiga air terjun, yaitu Priuk, Naga, dan Barong. Masing-masing air terjun tersebut memiliki karakteristiknya tersendiri. Selain itu, tingkat kesulitan tiap air terjun pun berbeda.

Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus trekking di sungai atau melakukan body rafting. Tak hanya air terjun, pengunjung juga bisa menikmati aktivitas lainnya, mulai dari trekking di hutan hingga cliff jumping.

2. Gunung Ijen, Jawa Timur

Gunung Ijen terletak di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso. Gunung berapi aktif ini memiliki ketinggian sekitar 2.386 mdpl.

Salah satu bagian terbaik yang sekaligus menjadi daya tarik dari gunung ini adalah blue fire atau api biru di Kawah Ijen. Untuk mencapai kawah tersebut, pengunjung harus hiking sejauh 3,4 kilometer dari titik awal di Pos Paltuding.

 

Simak Video Pilihan Ini:


Namu Sira-sira, Sumatra Utara

3. Namu Sira-sira, Sumatra Utara

Namu Sira-sira berada di Desa Belinteng dan Durian Lingga, Sei Bingai, Sumatra Utara. Namu Sira-sira sebenarnya merupakan sebuah bendungan.

Seperti bendungan besar pada umumnya, Namu Sira-sira memiliki beragam fungsi. Selain untuk irigasi dan budidaya ikan air tawar, bendungan seluas 6.500 hektare ini juga digunakan sebagai destinasi wisata.

Namu Sira-sira memiliki area yang luas dan kontur yang bervariasi. Terdapat area yang cukup dangkal untuk berendam, ada area yang cukup dalam untuk berenang, serta ada area dengan arus deras dan bebatuan besar yang cocok digunakan sebagai rute rafting.

4. Pulau Menjangan, Bali

Pulau Menjangan merupakan pulau kecil yang ada di Bali. Nama Pulau Menjangan sebenarnya terinspirasi dari kawanan rusa atau menjangan yang hidup di pulau ini.

Saat berkunjung ke Pulau Menjangan, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati birunya langit serta pasir yang lembut. Sementara untuk para petualang, di lokasi ini bisa dijadikan tempat snorkeling dan menyelam untuk melihat biota laut.

5. Sumba, NTT

Sumba merupakan sebuah pulau di Indonesia bagian timur, tepatnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Salah satu objek wisata utamanya adalah Kampung Adat Ratenggaro.

Kampung Adat Ratenggaro menawarkan pemandangan berupa rumah tradisional dan kuburan batu yang unik. Selain itu, wilayah ini juga memiliki keindahan alam dan laut yang memesona.

Bagi para petualang, berbagai aktivitas menantang juga bisa dilakukan di sini, seperti trekking di padang rumput Bukit Wairinding, Bukit Persaudaraan Mau Hau, serta sabana Puru Kembera. Selain itu, berbagai aktivitas air juga tersedia, seperti trekking di air terjun Tanggedu, menikmati tebing-tebing indah di Pantai Bwanna, dan berenang di Danau Weekuri yang jernih.

(Resla Aknaita Chak)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya