Mengintip Fasilitas Kereta Api Luar Biasa VVIP yang Dinaiki Wapres Ma'ruf Amin Saat Berkunjung ke Cirebon

Interior kereta wisata sendiri didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan budaya Indonesia.

oleh Panji Prayitno diperbarui 25 Agu 2023, 18:25 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2023, 18:25 WIB
Mengenal KLB VVIP, Kereta Api yang Dinaiki Wapres Ma'ruf Amin Saat Berkunjung ke Cirebon
Wakil Presiden Ma'ruf Amin tiba di Stasiun Cirebon menggunakan kereta api luar biasa VVIP. (Istimewa)

Liputan6.com, Cirebon Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama rombongan berkunjung ke Cirebon. Sejumlah agenda akan diikuti Ma'ruf Amin bersama istri Wury Ma’ruf Amin selama melakukan kunjungan kerja di Cirebon.

Pada kunjungannya, Wapres Ma'ruf Amin datang ke Cirebon menggunakan Kereta Api luar biasa VVIP. Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon, Ayep Hanapi mengatakan, KLB VVIP yang dinaiki Wapres Ma'ruf Amin bukan kereta api umum.

"KLB VVIP ini ditarik oleh 2 lokomotif kereta pembangkit dan kereta-kereta sendiri yang lain, yakni Kereta Nusantara, Kereta Api Bali, Kereta Api Toraja dan Kereta Api Priority," ujar dia, Jumat (25/8/2023).

Diketahui, Wapres Ma'ruf Amin duduk di kereta api Nusantara di antara kereta api lain yang mengikuti. Ia menjelaskan, kereta tersebut merupakan angkutan khusus yang bias melayani tamu penting hingga angkutan wisata.

Kereta Api Inspeksi Paspampres lebih dulu datang ke Stasiun Cirebon. Sementara, 25 menit setelahnya, datang kereta api yang dinaiki Wapres Ma'ruf Amin.

"Kalau kereta api ini bisa disewa maka diikutkan dengan kereta api Bima dan kereta api lainnya," ujar dia.

KLB VVIP ini menggunakan 2 Lokomotif seri CC 206 yang dirangkaikan dengan kereta wisata Toraja, kereta wisata Bali dan kereta wisata Nusantara. Interior kereta wisata sendiri didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan budaya Indonesia.


Fasilitas Khusus

Pada kereta wisata, terdapat fasilitas khusus, seperti balkon VIP dengan jendela besar agar bisa melihat pemandangan luar. Selain itu, kereta tersebut menyediakan fasilitas mini bar, ruang utama dengan karaoke system, toilet eksklusif, serta VVIP room tersedia di dalam kereta ini.

Selama perjalanan di dalam kereta api, Ma'ruf Amin beserta istri menikmati momen sambil melihat desain interior dan segala pernak-pernik kereta wisata yang menggambarkan seni keindahan budaya nusantara.

"Pada kesempatan ini Wapres juga mengapresiasi pelayanan KAI, fasilitas yang ada, keamanan dan kenyamanan, serta ketepatan waktu KA yang semakin baik," ujar dia.

Diketahui, agenda kunjungan kerja Wapres Ma'ruf Amin bersama rombongan ke Cirebon berlangsung selama 2 hari, hingga Sabtu (26/08/2023). Pada hari pertama, Wapres akan meresmikan pembangunan Masjid Syarif Abdurachman yang berlokasi di Komplek Sunan Gunungjati, Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon.

Dilanjutkan silaturahmi dengan Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Buntet beserta Ulama se-Kabupaten Cirebon. Pada hari berikutnya, Wapres beserta ibu Hj Wury Ma’ruf Amin akan menghadiri Haul KH. Aqiel Siroj Ke-34 di Pondok Pesantren KHAS Kempek, Kabupaten Cirebon.

"Selanjutnya, rombongan kembali naik KLB VVIP dari Stasiun Cirebon kembali menuju Stasiun Gambir Jakarta," ujar dia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya