Kawoong Innovation Bertemu Ratu Keroncong Waljinah, Begini Kondisinya

Hadi mengaku sempat berbincang dan mendengarkan keluh kesah Waljinah saat bertemu di kediamannya

oleh Panji Prayitno diperbarui 03 Sep 2023, 22:28 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2023, 10:53 WIB
Kawoong Innovation Bertemu Ratu Keroncong Waljinah, Begini Kondisinya
Lembaga Kawoong Innovation saat bertemu Ratu Keroncong Waljinah. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Upaya melestarikan beragam karya seni dan sastra dari para kreator di Indonesia terus dilakukan oleh Kawoong Innovation

Lembaga yang mewadahi pencipta karya anak bangsa tersebut mendapat kesempatan bertemu dengan seniman keroncong legendaris Waljinah

CEO Kawoong Innovation Hadi Wardoyo mengatakan, kedatangannya ke kediaman sang ratu keroncong tersebut untuk memberi apresiasi tinggi kepada Waljinah. Hadi mengaku sempat berbincang dan mendengarkan cerita perjalanan karir Waljinah.

"Kami ingin sowan bersama tokoh dan beliau salah satu yang legendaris. Kondisinya bu Waljinah sekarang sudah sepuh dan kebetulan sedang sakit tapi beliau semangat ingin bertemu," kata Hadi Wardoyo, Jumat (1/9/2023).

Hadi menjelaskan, pertemuan tersebut juga bagian dari upaya Kawoong Innovation melestarikan karya para seniman yang legendaris seperti Waljinah. Hadi mengatakan sempat melihat karya batik tulis yang dibuat oleh Waljinah sendiri. Diketahui, Waljinah selain menyanyi juga hobi membatik.

Hadi mengaku sosok Waljinah merupakan salah satu aset bangsa yang perlu mendapat apresiasi besar. Karya seninya yang memukau tak lekang ditelan zaman. 

"Insya Allah pertengahan September nanti akan ada penampilan khusus dari Anggun C Sasmi di Solo membawakan lagu-lagu Waljinah sebagai bentuk apresiasi tinggi kepada maestro. Disitu kami akan berjuang mewujudkan keinginan beliau dan yang terpenting Keroncong tidak punah," kata Hadi.

 


Karir Waljinah

Kawoong Innovation Bertemu Ratu Keroncong Waljinah, Begini Kondisinya
Lembaga Kawoong Innovation saat bertemu Ratu Keroncong Waljinah. (Istimewa)

Menurut Hadi, musik keroncong merupakan bagian dari ciri dan identitas budaya Indonesia. Oleh karena itu, kehadiran pemerintah menghargai karya seni tradisional perlu lebih maksimal. 

Keroncong memiliki potensi untuk menjadi musik yang populer di dunia Internasional. Namun, keberadaan keroncong dianggap mulai tersingkir oleh musik-musik modern. 

"Di tengah hiruk pikuk pemberitaan politik di media massa. Kami berharap siapapun presidennya asal masyarakat perutnya tidak keroncongan dan mampu membawa musik keroncong menjadi ikon Indonesia yang mendunia," kata dia. 

Diketahui, Waldjinah lahir pada 7 November 1945 seorang penyanyi spesialisasi keroncong dengan langgam Jawa yang dikenal dengan julukan Ratu Keroncong. Ia mengawali karier sejak menjadi juara kontes menyanyi bertajuk Ratu Kembang Katjang pada tahun 1958. 

Waljinah juga menyabet juara Bintang Radio Indonesia tahun 1965. Berkarir sebagai penyanyi keroncong, Waldjinah telah merekam sebanyak 1.760 lagu. 

Sekian lagu dan album tersebut sebagian terekam dalam piringan hitam sekitar 200 buah. Uniknya, sejak muda, Waldjinah sangat suka membatik serta mengoleksi batik sebagai warisan budaya Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya