Gibran Ragu Siluet dalam Video PSI Adalah Kaesang Adiknya

Gibran Rakabuming Raka meragukan siluet wajah di video PSI adalah adiknya Kaesang Pangarep.

oleh Fajar Abrori diperbarui 21 Sep 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2023, 09:59 WIB
Kaesang
Siluet menyerupai sosok Kaesang di video PSI. (Liputan6.com/ Dok PSI)

Liputan6.com, Solo - Putra sulung Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka, meragukan siluet wajah di video yang diunggah akun media sosial Instagram @psi_id adalah Kaesang Pangarep, adiknya.  

Selain siluet menyerupai sosok Kaesang, suara khas dengan logat kental aksen Solo juga terdengar dalam narasi video milik Partai Solidaritas Indonesia itu. 

"Kenalkan nama ku Mawar, bukan nama sebenarnya," kata suara yang mirip logat Kaesang Pangarep di dalam video itu.

Adanya video tersebut Gibran pun buka suara soal video sosok Kaesang yang disebut Mawar.

"Ya tanya Mawar sana. Apa hubungannya dengan keluarga saya. Ya tanya Mawar dong bukan tanya saya" kata dia.

Gibran pun enggan menanggapinya karena Mawar tidak ada hubungan dengan dirinya maupun keluarga Presiden Jokowi. Muncul dugaan bahwa Mawar itu Kaesang berdaskan suara narasi di dalam video itu.

"Mosok sih (suara Kaesang)? Nggak. Emangnya suara Kaesang seperti itu? Nggak. Kalau saya lihat di video pendeknya itu suaranya lebih ke tenor apa soprano, bukan ke bass. Bukan Kaesang," ucapnya.

Bahkan saat Presiden Jokowi pulang ke Solo, Gibran juga mengaku tidak membahas soal video yang diduga sosok Kaesang dalam unggahan akun media sosial PSI.

"Nggak ngobrolin itu kemarin. Kita nggak tahu Mawar itu siapa. Kok sudah menduga-duga itu adik saya, memangnya itu adik saya? Apa sudah ada kepastian jika itu Kaesang? Kan belum ada yang tahu," tegasnya.

Gibran mempersilahkan awak media untuk menanyakan hal tersebut kepada PSI. Sedangkan dirinya mengaku tidak tahu karena bukan kader PSI.

"Yo dah tanya PSI ya. Saya kan dari PDI Perjuangan, itu urusan mereka," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mawar Bukan Kaesang?

Sebelumnya Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melalui akun Instagram resminya menyebarkan video sebuah siluet berlatar hitam merah mirip wajah anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep. Video tersebut diunggah tanpa banyak kata dan hanya dituliskan caption "hmm jadi gini..".

Pantauan Liputan6.com di kolom komentar video tersebut, ratusan komentar membanjiri dengan narasi yang mengarah kepada sosok Kaesang.

"Selamat datang Bro K," kata akun @fredidarmawan_ seperti dilihat Rabu (20/9/2023).

Selain siluet yang menyerupai sosok Kaesang, suara khas dengan logat kental aksen Solo juga terdengar dalam narasi audio di dalam video tersebut.

"Kenalkan nama ku Mawar, bukan nama sebenarnya," kata suara yang mirip logat Kaesang Pangarep tersebut.

Sosok mengaku Mawar itu melanjutkan, dirinya sudah memantapkan hati untuk masuk ke politik. Meski belum punya pengalaman di politik, namun sosok mengaku Mawar itu menegaskan punya tujuan besar dengan berpolitik.

"Aku punya tujuan besar untuk Indonesia lebih baik," tegas Mawar.

"Semoga jalan yang ku pilih, adalah jalan yang benar," doa Mawar menutup narasinya, seperti diunggah di akun Instagram PSI.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya