Puan Respons Wacana Duet Anies-Andika di Pilkada Jakarta 2024: Menarik

Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani merespons wacana duet Anies Baswedan-Andika Perkasa di Pilkada Jakarta 2024. Menurut Puan, wacana tersebut cukup menarik untuk ditindaklajuti.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 05 Jul 2024, 16:17 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2024, 16:15 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani usai memberi arahan di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP IV hari kedua di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani usai memberi arahan di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP IV hari kedua di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani merespons wacana duet Anies Baswedan-Andika Perkasa di Pilkada Jakarta 2024. Menurut Puan, wacana tersebut cukup menarik untuk ditindaklajuti.

"Menarik, kami belum bicara langsung di forum DPP, cuma ya sepertinya siap," kata Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dilansir dari Antara, Jumat (5/7/2024).

Ketua DPR RI ini mengungkap, peluang Andika untuk maju sebagai kepalda daerah. Puan menyebut, Andika bisa berkontestasi di mana saja, baik Pilkada Jakarta maupun Jawa Tengah.

"Andika Perkasa menjadi salah satu calon yang nanti akan kami lihat baiknya itu akan kami calonkan di mana, karena pilkada ini orangnya, wilayahnya sangat berbeda-beda, dan tidak bisa kemudian satu nama itu hanya di satu wilayah. Jadi, semua itu punya kekhasan dan tergantung di mananya," tambah dia.

Sementara itu, ia juga menyebut partainya terbuka dengan opsi lain untuk Pilkada Jakarta, seperti berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Bisa saja, selama memenuhi kuota yang ada. Dalam artian persyaratan dan mekanismenya itu mencukupi, bukan tidak mungkin, politik kan dinamis," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa partainya belum melaksanakan rapat di tingkat DPP terkait pemberian surat tugas maupun surat rekomendasi Pilkada 2024.

"Nanti, masih dua bulan lagi. Sekarang semua partai pasti masih survei, lihat kondisi lapangan, masih menjalin komunikasi dengan semua, dinamika masih naik turun. Jadi, kami semua bagaimana kemudian pascapemilu menuju pilkada semua bisa dilakukan secara kondusif," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Wacana Andika Perkasa Maju Pilkada Jakarta, Puan: Kita Cek Dulu Penerimaan Parpol Lain

Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.
Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: Merdeka.com/Alma Fikhasari).

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menyatakan, pihaknya mempertimbangkan nama mantan Panglima TNI Andika Perkasa untuk maju Pilkada Jakarta 2024. Puan menyebut, PDIP masih menunggu sikap atau penerimaan parpol lain terkait wacana Andika maju.

"Kita cek dulu bagaimana penerimaan di lapangan, kemudian bisa diterima partai lain, tentu saja, komunikasi tetap kita upayakan dengan semua partai yang ada," kata Puan Maharani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Meski demikian, Puan menyatakan nama Andika bukan calon tunggal. Dia menyebut, ada nama lain yang masih digodok untuk maju Pilkada Jakarta.

"Menjadi salah satu nama yang kemudian kita coba masukkan dalam salah satu calon," kata Puan.

Selain itu, Puan mengaku pihaknya juga membuka komunikasi ke PKS terkait Pilkada Jakarta. "Kita tetap berupaya tetap melakukan komunikasi dengan semua partai dan pasti setiap partai punya calon unggulan jadi kita upayakan, kan waktunya masih lama sampai Agustus," pungkas Puan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya