Rujak Legend Kolam Deli, Jajanan Tradisional di Medan yang Sudah Ada Sejak 1975

Bagi warga Medan, kuliner ini pasti tidak asing lagi. Berada di antara ikon destinasi wisata kota, yakni Masjid Raya Al Mashun dan Taman Sri Deli, Rujak Legend Kolam Deli sudah dikenal dan diminati banyak orang, bahkan dari luar kota.

oleh Reza Efendi diperbarui 21 Okt 2023, 16:21 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2023, 16:21 WIB
Rujak Legend Kolam Deli
Rujak Legend Kolam Deli

Liputan6.com, Medan Bagi warga Medan, kuliner ini pasti tidak asing lagi. Berada di antara ikon destinasi wisata kota, yakni Masjid Raya Al Mashun dan Taman Sri Deli, Rujak Legend Kolam Deli sudah dikenal dan diminati banyak orang, bahkan dari luar kota.

Rujak Legend Kolam Deli ini merupakan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) binaan Kelurahan Mesjid, Kecamatan Medan Kota. Kuliner yang menjual rujak berbagai macam buah dan khas bumbu yang dicampur dengan pisang batu ini sudah ada sejak 1975.

Saat Tim Dara The Explorer Dinas Kominfo Kota Medan mengunjungi gerai Rujak Legend Kolam Deli baru- baru ini, terdapat beberapa UMKM yang berjualan rujak legend.

Seperti Rujak Kolam Deli Takana Juo, Rujak Kolam Deli Sederhana, Rujak Kolam Deli Bahagia, Rujak Kolam Deli Gumarang Ria.

"Untuk rasa dan kualitasnya, pastinya tidak diragukan lagi," Dara mengungkapkan.

Rujak Legend Kolam Deli ini memiliki kekhasan tersendiri, yaitu bumbu rujak dicampur pisang batu, serta disajikan dengan berbagai macam buah segar seperti nenas, pepaya, bengkuang, timun, jambu air, bengkuang, dan lain lain.

"Di bumbu rujaknya ditaburkan kacang tanah goreng yang menambah cita rasa menjadi semakin enak," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berbagai Menu Rujak

Rujak Legend Kolam Deli
Proses pembuatan Rujak Legend Kolam Deli

Terdapat beberapa menu rujak di areal Kolam Deli ini, seperti rujak potongan buah biasa, rujak ulek, dan juga rujak iris. Untuk harga Rujak Legend Kolam Deli ini dibanderol mulai dari Rp 23 ribu.

Dijelaskan Dara, bagi warga yang ingin memesan Rujak Legend Kolam Deli bisa langsung datang ke lokasinya di Jalan Mahkamah, Kelurahan Mesjid, Kecamatan Medan Kota, atau tepat di belakang Kolam Raya Deli.

Bisa juga order lewat aplikasi online melalui Grab, Shopee, Gojek, dengan cari namanya Rujak Kolam Raya Deli.

"Nah, kalian bisa tinggal pilih aja mau order di Rujak Legend Kolam Deli Takana Juo, Bahagia, Sederhana, ataupun Rujak Legend Kolam Deli Gumarang Ria," ucapnya.


Binaan Kelurahan Mesjid

Rujak Legend Kolam Deli
Menu Rujak Legend Kolam Deli

Camat Medan Kota, Raja Ian Andos mengungkapkan, Rujak Legend Kolam Deli sudah ada sejak 1975. UMKM yang bergerak di bidang kuliner ini binaan Kelurahan Mesjid.

"Saat ini kita terus memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM ini agar dapat berkembang dan naik kelas," ungkapnya.

Dijelaskannya, pendampingan kepada UMKM kuliner Rujak Legend Kolam Deli sesuai dengan program prioritas Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

"Tujuannya untuk pelaku UMKM berkembang dan naik kelas," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya