Bangka Belitung Dinobatkan Wilayah Peduli HAM

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendapatkan penghargaan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Prof. Yasonna H. Laoly pada puncak peringatan Hari HAM Sedunia ke-75. Penghargaan tersebut terkait kepeduliannya terhadap Hak Asai Manusia (HAM).

oleh Marifka Wahyu Hidayat diperbarui 12 Des 2023, 19:21 WIB
Diterbitkan 12 Des 2023, 17:12 WIB
Kemenkumham
Foto: Kemenkumham

Liputan6.com, Jakarta - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendapatkan penghargaan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Prof. Yasonna H. Laoly pada puncak peringatan Hari HAM Sedunia ke-75. Penghargaan tersebut terkait kepeduliannya terhadap Hak Asasi Manusia (HAM).

Wilayah Babel yang mendapat penghargaan sebagai kabupaten dan kota Peduli HAM meliputi Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Belitung, Bangka Selatan, Bangka Barat, Bangka Tengah dan Belitung Timur.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly dalam sambutannya mengungkapkan peringatan Hari HAM Sedunia Ke-75 kali ini mengusung tema “Harmoni Dalam Keberagaman” dengan tagar #BedauntukBersatu. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi momentum untuk merefleksikan prinsip-prinsip HAM.

“Peringatan hari HAM kali ini memilih tema Harmoni dalam Keberagaman dipandang relevan dan penting. Harmoni dalam keberagaman menjadi pengingat akan pentingnya mengakui, menghormati, dan merayakan beragaman Indonesia yang berlimpah,” ujarnya.

Sejalan dengan semangat mempromosikan keharmonisan dalam keberagaman, Yasonna juga mengungkapkan bahwa Kemenkumham telah menjalankan sejumlah program di bidang HAM yang menyasar instansi pemerintah maupun pelaku bisnis, di antaranya Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) dan Strategi Nasional Bisnis dan Hak Asasi Manusia (Stranas BHAM).

"Terkini, Kemenkumham telah menyusun Indeks HAM Indonesia (IHAMI) yang ke depannya akan menjadi alat untuk mengukur implementasi HAM di Tanah Air," terangnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


P5HAM

Acara ini juga diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan di bidang pemajuan hak asasi manusia, baik itu pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat sipil, pelaku bisnis dan korporasi atas segala upaya dan kerja keras dalam mewujudkan Penghormatan, Pemenuhan, Perlindungan, Pemajuan dan Penegakan HAM (P5HAM).

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto mengatakan bahwa jajarannya berhasil meraih penghargaan sebagai 5 Kantor Wilayah terbaik dan mendorong sebagian besar/ seluruh Kabupaten/ Kota Peduli HAM.

Selanjutnya, piagam penghargaan nantinya akan diserahkan oleh Pj. Gubernur Babel Safrizal Zakaria Ali didampingi kepada para Bupati/Walikota yang direncanakan pada tanggal 18 Desember 2023 bertempat di Kantor Gubernur Babel.

”Kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemprov Babel dan Pemkab/Pemko se Babel atas sinergi yang baik dalam Penghormatan, Perlindungan, Pemajuan, Penegakan, dan Pemenuhan HAM di Babel," kata Harun.

Hadir secara langsung pada kegiatan tersebut, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Fajar Sulaeman Taman), Kepala Bidang HAM (Suherman), serta jajaran Bidang HAM Kanwil Kumham Babel.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya