Emak-Emak di Pekanbaru Curhat Harga Beras dan Minyak Goreng Melonjak kepada Anies Baswedan

Ribuan pendukung Calon Presiden dan Wakil Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berkumpul di Gelanggang Olahraga Remaja, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

oleh M Syukur diperbarui 13 Des 2023, 18:52 WIB
Diterbitkan 13 Des 2023, 18:31 WIB
Calon Presiden Anies Baswedan saat kampanye di Pekanbaru dengan keluhan beras hingga minyak goreng mahal.
Calon Presiden Anies Baswedan saat kampanye di Pekanbaru dengan keluhan beras hingga minyak goreng mahal. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Ribuan pendukung Calon Presiden dan Wakil Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berkumpul di Gelanggang Olahraga Remaja, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. Rata-rata pendukung yang datang adalah emak-emak atau kaum perempuan.

Anies Baswedan yang datang tanpa Muhaimin disambut dengan yel-yel 'perubahan'. Sejumlah tulisan di atas kertas dibentangkan dan spanduk berukuran raksasa terpasang di beberapa bagian gedung.

Emak-emak menyuarakan mahalnya beras di Pekanbaru yang terjadi sejak beberapa bulan belakangan. Harga beras premium saja sudah tembus di atas Rp152 per 10 kilogram bahkan menyentuh Rp200 ribu dan diikuti beras standar lainnya.

Sementara, yang disediakan oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) yaitu beras Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP) juga ikut mahal yang tembus di atas Rp100 ribu per 10 kilogram.

Selain beras, harga minyak juga menjadi keluhan emak-emak padahal Riau merupakan salah satu daerah produksi minyak sawit terbesar di Indonesia. Belum lagi soal kelangkaan bahan bakar minyak seperti solar dan kawan-kawannya.

"Riau di atas minyak di bawah minyak," demikian tulisan salah satu poster.

Menanggapi ini, Anies Baswedan menyebut mahalnya beras tapi kalau uangnya sampai ke petani tidak akan dipermasalahkan ibu rumah tangga. Persoalannya, harga mahal tapi uangnya tidak sampai ke petani.

"Uang yang di jalannya mahal, ada tengkulak, ada mafia, perlu dibasmi," tegas Anies, Selasa petang, 13 Desember 2023.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jalan Rusak

Calon Presiden Anies Baswedan saat kampanye di Pekanbaru dengan keluhan beras hingga minyak goreng mahal.
Calon Presiden Anies Baswedan saat kampanye di Pekanbaru dengan keluhan beras hingga minyak goreng mahal. (Liputan6.com/M Syukur)

Anies bercerita, dia sampai ke Pekanbaru pada pagi hari lalu menuju sebuah perkampungan di Kecamatan Tenayan Raya. Selama perjalanan, Anies mengaku banyak melihat jalanan di Riau rusak.

Cerita soal beras dan minyak goreng mahal juga diceritakan setiap warga yang ditemui di Pekanbaru. Menurutnya ini menjadi catatan serta prioritas dalam pembangunan nanti.

"Jalan di Riau banyak rusak, pembangunan infrastruktur itu tidak hanya membangun tol, jalan yang tak berbayar, juga harus diperhatikan," kata Anies.

Anies menanyakan apakah kondisi seperti harus dipertahankan atau ada perubahan. Penentunya nanti pada tanggal 14 Februari 2024.

Tidak hanya legislatif, Anies juga mengajak masyarakat Riau memenangkan partai pengusung seperti Nasdem, PKB, PKS, dan Ummat.

"Ajak tetangga, belakang 40 rumah, samping kanan 40 begitu seterusnya," ujar Anies.

Anies menyebut perubahan bisa dilakukan dengan wewenang. Jika tidak ada wewenang, bagaimana perubahan dilakukan.

"Ingat Alexis, bertahun-tahun dan setelah beberapa gubernur masih beroperasi, begitu saya jadi gubernur cukup dengan tanda tangan di atas kertas, itu namanya wewenang," imbuh Anies.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya