5 Makanan yang Cocok untuk Sahur, Jaga Energi dan Keseimbangan Tubuh

Memilih makanan yang tepat untuk sahur dapat membantu Anda menjalani puasa dengan lebih lancar dan menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadan.

oleh Novia Harlina diperbarui 15 Mar 2024, 03:00 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2024, 03:00 WIB
Ilustrasi sahur, buka puasa, Islami
Ilustrasi sahur, buka puasa, Islami. (Image by freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Kehilangan energi dan merasa lelah adalah hal yang umum dialami oleh beberapa orang saat berpuasa, terutama selama awal-awal menjalani puasa atau pada waktu-waktu tertentu selama periode puasa yang panjang.

Namun, ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar energi tetap terjada saat puasa. Salah satunya, memilih makanan dengan bijaksana untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan selama periode berpuasa.

Saat sahur, penting untuk memilih makanan yang memberikan energi yang cukup untuk menjalani puasa sepanjang hari, serta makanan yang menyediakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut beberapa pilihan menu yang dapat Anda konsumsi saat sahur yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Sup Sayur

Saat waktu sahur, Anda dapat mengonsumsi sup sayur sebagai asupan nutrisi yang sehat. Sup sayur dapat menopang cairan tubuh Anda hingga waktu berbuka datang.

Sup sayur yang dapat dibuat adalah sup wortel atau sup sawi. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan daging ayam pada sup sayur yang Anda masak.

Dengan menambahkan daging ayam, akan membuat sup sayur lebih enak dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh juga tercukupi.

2. Telur

Kandungan protein, vitamin, dan mineral yang ada di dalam telur akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama dibanding mengonsumsi karbohidrat saja.

Berbagai hidangan dengan telur dapat Anda buat, seperti telur rebus, telur ceplok, telur dadar, semur telur, dan sebagainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

3. Nasi Merah

Nasi merah lebih direkomendasikan daripada nasi putih. Sebab, nasi merah memiliki kalori lebih rendah jika dibandingkan nasi putih.

Selain itu, nasi merah juga mempunyai indeks glikemik lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih, mi, atau pasta.

Mengonsumsi nasi merah juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama hingga waktu berbuka datang.

4. Pisang

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah pisang mampu menjaga daya tahan tubuh anda dari sahur hingga waktu berbuka. Satu buah pisang mengandung 26,9 gram karbohidrat, selain itu juga terdapat potassium, vitamin A, dan vitamin C.

Selain itu, pisang kaya akan kandungan mineral seperti magnesium dan potasium. Magnesium bermanfaat layaknya protein yang mampu memberikan energi secara berkesinambungan pada tubuh Anda.

5. Kacang-kacangan

Kandungan karbohidrat kompleks dan protein dalam kacang mampu membuat Anda kenyang, sehingga sangat cocok dikonsumsi saat sahur. Salah satu jenis kacang yang disarankan untuk dikonsumsi saat sahur ialah kacang edamame.

 

 
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya