Manfaat Kesehatan Daun Ruku-Ruku yang Tak Banyak Orang Tahu

Daun ruku-ruku merupakan sumber daya alam yang kaya akan manfaat kesehatan.

oleh Novia Harlina diperbarui 29 Mei 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2024, 04:00 WIB
Daun ruku-ruku. (Liputan6.com/ ist)
Daun ruku-ruku. (Liputan6.com/ ist)

Liputan6.com, Padang - Daun ruku-ruku ternyata bukan hanya menjadi pelengkap bumbu dapur di berbagai daerah Asia Tenggara, tetapi juga telah terbukti memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Ruku-ruku mirip dengan kemangi sehingga orang sering salah kaprah. Biasanya masyarakat di Minangkabau menggunakan daun ruku-ruku untuk bahan masakan yang berupa gulai.

Daun ruku-ruku dapat dimanfaatkan juga untuk kesehatan. Hal itu lantaran daun ruku-ruku mengandung vitamin A dan C, kalsium, zinc, zat besi, dan klorofil.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat daun ruku-ruku untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kesehatan Saluran Pencernaan

Daun ruku-ruku telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan senyawa aktif dalam daun ini dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung, masuk angin, dan sembelit.

Selain itu, daun ruku-ruku juga diyakini memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi bakteri dalam saluran pencernaan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tanaman ini sangat efektif dalam memaksimalkan sistem pertahanan tubuh. Daun ruku-ruku juga merupakan tanaman herbal yang dapat bertindak sebagai adaptogen.

Saat daun ruku-ruku dikonsumsi, dapat membantu respons imun beradaptasi terhadap perubahan-perubahan, mendukung ketahanan dan kebugaran tubuh, serta peremajaan sel-sel tubuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Menenangkan hati

Tanaman ruku-ruku bersifat antidepresandan anti cemas. Ruku-ruku juga bertindak sebagai adaptogen. Adaptogen sendiri adalah zat yang membantu tubuh untuk menyesuaikan diri dengan stres, serta merangsang keseimbangan mental.

4. Melawan radikal bebas

tanaman ini mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas pemicu kerusakan sel. Tidak hanya itu, daun ruku-ruku juga berpotensi mencegah kanker dengan menghambat pertumbuhan sel kanker.

5. Menyegarkan Napas

Selain manfaat kesehatan internal, daun ruku-ruku juga terkenal karena kemampuannya dalam menyegarkan napas. Kandungan senyawa aktif dalam daun ini dapat membantu mengurangi bau mulut dan mengatasi masalah napas tidak sedap.

Karena alasan ini, daun ruku-ruku sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan obat kumur dan permen kesehatan oral.

Dengan mengintegrasikan daun ruku-ruku ke dalam pola makan sehari-hari atau sebagai bagian dari pengobatan tradisional, Anda dapat mengakses manfaat kesehatan luar biasa yang ditawarkannya.

Namun, seperti dengan semua hal, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum memulai penggunaan secara teratur, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada atau sedang menjalani pengobatan medis.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya