Kantongi Surat Tugas Jadi Balon Bupati Lampung Barat dari DPP PDIP, Parosil Mabsus Siap Bertarung di Pilkada

Mantan Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus optimis menang bertarung dalam Pilkada Lampung Barat pada November 2024 mendatang usai mengantongi surat tugas dari DPP PDI Perjuangan. Terlebih PDI Perjuangan menduduki 14 kursi di DPRD Lampung Barat.

oleh Ardi Munthe diperbarui 31 Mei 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2024, 18:00 WIB
Parosil Mabsus menunjukkan surat tugas dari DPP PDI Perjuangan sebagai balon Bupati Lampung Barat. Foto : (Liputan6.com/Ardi).
Parosil Mabsus menunjukkan surat tugas dari DPP PDI Perjuangan sebagai balon Bupati Lampung Barat. Foto : (Liputan6.com/Ardi).

Liputan6.com, Lampung - Mantan Bupati Lampung Barat 2017-2022, Parosil Mabsus resmi menerima surat tugas dari DPP PDI Perjuangan untuk maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Lampung Barat pada November 2024, sebagai bakal calon (Balon) bupati. Surat tugas tersebut, diterima Parosil usai menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai balon Bupati Lampung Barat di Kantor DPD PDI Perjuangan Lampung, Rabu (29/5/2024).

Koordinator Wilayah (Korwil) IV Tim Penjaringan PDI Perjuangan, Yanuar Irawan mengatakan, surat yang diberikan tersebut menugaskan Parosil Mabsus sebagai calon Bupati Lampung Barat.

"Itu karena hanya Lampung Barat yang calon Bupatinya tunggal di PDI Perjuangan, sampai hari ini untuk berkomunikasi dan sosialisasi," kata Yanuar, Rabu (29/5/2024).

Kemudian, salah satu pertimbangan diberikan surat tugas adalah karena hanya Lampung Barat dari seluruh partai yang calonnya tunggal, sehingga PDI Perjuangan berkeyakinan hampir dipastikan calon bupatinya hanya Parosil.

"Sementara untuk posisi wakil, semua yang mendaftar punya potensi yang sama," sebutnya.

Menanggapi surat tugas tersebut, Parosil Mabsus mengatakan bahwa ia akan menyanggupi dan optimis memenangkan Pilkada Lampung Barat.

"Surat tugas ini akan kita amankan, jalankan dan menangkan," kata dia.

Dia menyampaikan, belum mempunyai sosok wakil yang akan mendampinginya, karena semuanya punya potensi untuk diberikan rekomendasi.

"Soal wakil semua punya potensi yang sama, karena ada lima yang mendaftar calon wakil di PDIP, karena yang punya hak preogratif itu Ketua Umum PDIP, bicara sosok wakil itu banyak yang mumpuni," kata dia.

Ditanya soal berpotensi lawan kotak kosong di Pilkada Lampung Barat 2024 ini, Parosil menilai politik itu sifatnya dinamis, sehingga tidak bisa dihitung dan diukur karena prosesnya masih berjalan.

Parosil tidak ingin sesumbar, apabila nantinya ia hanya melawan kotak kosong, maka ia berucap syukur. Sementara jika nantinya ada sosok lawan, maka ia akan berkompetisi dengan namanya demokrasi.

Diketahui untuk Pilkada Lampung Barat kali ini, PDIP sebenarnya sudah bisa mengusung sendiri kadernya untuk maju tanpa harus berkoalisi, karena saat ini PDIP memiliki 14 kursi di DPRD Lampung Barat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya