Resmi Dikukuhkan, LKGH Bone Programkan Pelatihan Bela Negara Untuk Aparat Desa

Kegiatan pelatihan bela negara itu merupakan bentuk sinergitas antara LKGH dan TNI.

oleh Fauzan diperbarui 11 Jun 2024, 16:20 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2024, 19:00 WIB
Pelantikan DPD LKGH Bone (Liputan6.com/Fauzan)
Pelantikan DPD LKGH Bone (Liputan6.com/Fauzan)

Liputan6.com, Bone - Legend Kiwal Garuda Hitam (LKGH) terus melebarkan sayapnya ke penjuru daerah. Terbaru, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Legend Kiwal Garuda Hitam melantik dan mengukuhkan pengurus DPD Legend Kiwal Garuda Hitam Kabupaten Bone di Aula Gedung Pemuda pada Minggu (9/6/2024). 

Pelantikan dan pengukuhan Andi Ridwan sebagai ketua DPD LKGH Bone berlangsung meriah. Selain dihadiri oleh Pembina LKGH Andi Herlin, Ketum LKGH Andi Satria serta pengurus DPD LKGH Wajo, Gowa, Takalar, dan Polewali Mandar (Sulbar), kegiatan itu juga dihadiri oleh berbagai unsur lain seperti, Danyon C Pelopor Brimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan, Perwakilan Polres Bone, Kodim Bone, Kejaksaan Bone dan Pemkab Bone. 

"Kami ucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan diberikan kepada saya sebagai ketua DPD Legend Kiwal Garuda Hitam Bone periode 2024-2029," kata Andi Ridwan. 

Setelah proses pelantikan itu, Andi Ridwan pun mengaku bakal menyiapkan berbagai program. Ia bahkan telah membagi program itu menjadi program jangka pendek dan jangka panjang. 

"Kita akan menggelar pertemuan awal untuk bahas program jangka pendek dan jangka panjang," jelasnya. 

Dalam program jangka pendek, Andi Ridwan mengaku terlebih dahulu akan membuka pendaftaran bagi masyarakat Kabupaten Bone yang hendak bergabung menjadi anggota DPD LKGH Bone. 

"Kita akan buka perekrutan anggota dulu. Tentu tidak sembarangan, karena akan kita validasi, uji kelayakannya dan pastikan bahwa yang bersangkutan paham tentang LKGH," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Program Jangka Panjang

Pelantikan DPD LKGH Bone (Liputan6.com/Fauzan)
Pelantikan DPD LKGH Bone (Liputan6.com/Fauzan)

Sementara dalam program jangka panjang, Andi Ridwan mengaku akan menyiapkan program kegiatan sinergitas antara DPD LKGH Bone dengan TNI, Polri dan Pemkab Bone. 

Terkhusus program sinergitas dengan pihak TNI, lanjutnya, DPD LKGH Bone akan menggelar pelatihan bela negara yang melibatkan seluruh aparat desa di Kabupaten Bone. 

"Jadi ini program dengan TNI, karena kita semua harus terlibat dalam menjaga ketahanan negara," imbuhnya. 

Sementara program sinergitas dengan pihak kepolisian, Andi Ridwan mengaku bahwa kedepannya DPD LKGH Bone akan menggelar kegiatan seminar anti terorisme dan radikalisme. 

"Saya kira ini juga penting agar kita paham seperti apa itu teroris dan tindakan-tindakan radikal," ucapnya. 

Lalu untuk program sinergitas bersama Pemerintah Kabupaten Bone, Andi Ridwan mengaku tak akan muluk-muluk. Ia memastikan bahwa seluruh personil LKGH Bone akan siap menjadi garda terdepan jika terjadi hal luar biasa seperti bencana alam. 

"Tentu ini perlu, Kita akan bersinergi dengan Pemkab Bone dan menjadi garda terdepan apabila ada kejadian luar biasa seperti bencana alam," dia memungkasi.

 

Simaklah video pilihan berikut ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya