Melacak Rekam Jejak Civitas Akademika Universitas Brawijaya Melalui Pameran QR Art

Mengetahui karya dan kegiatan civitas akademika dirasa penting dan bisa dipermudah dengan memindai kode QR. Agar menarik, kini dikembangkan QR Art dengan sentuhan hand Made oleh perupa sekaligus musisi Doddy Hernanto.

oleh Edhie Prayitno Ige diperbarui 04 Jul 2024, 00:25 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2024, 00:25 WIB
Unibraw
  Pameran QR Art Doddy Hernanto yang difungsikan sebagai gerbang melacak rekam jejak para civitas akademika Universitas Brawijaya Malang. Foto: liputan6.com/edhie prayitno ige 

Liputan6.com, Malang - Ketika artificial intelegence mengancam berbagai profesi termasuk seniman, seorang perupa sekaligus musisi asal Surabaya menyikapi dengan kreatif. Doddy Hernanto tak mau ditenggelamkan karya-karya berbasis AI, ia menjadi satu-satunya seniman yang mengembangkan QR (Quick Response) code dengan sentuhan lukisan. Jadilah QR Art.

Banyak tokoh dan pejabat negara yang memanfaatkan jasanya untuk mendokumentasikan rekam jejak digitalnya. Dengan QR Art, Doddy memudahkan orang mengulik karya seseorang.

Terakhir, Doddy melukis wajah sejumlah civitas akademika dari Universitas Brawijaya Malang. Lukisan itu kemudian dimodifikasi menjadi QR Art agar mudah menelusuri rekam jejak para civitas akademika itu. Mulai dari karya ilmiah, penelitian, hingga semua temuan.

"Cukup dengan memindai QR Art itu, semua data akan disajikan. Tinggal menyesuaikan saja data apa yang dicari," kata Doddy.

Pameran ini bukan yang pertama. Sebelumnya ia sudah memamerkan karya-karya paduan analog dan digital. Sejumlah wajah pernah ia lukis langsung dengan tangannya dan dikonversi menjadi kode QR.

"Bisa saja menggunakan foto atau teknologi AI, namun jelas art-nya akan berbeda citarasanya," katanya.

Dalam pameran di Universitas Brawijaya Malang itu Doddy juga perlu riset sehingga karakter yang dilukis bisa memiliki roh. Bukan hanya memampang wajah seperti baliho politisi di pinggir jalan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berdamai dengan Teknologi

Unibraw
Pameran QR Art Doddy Hernanto yang difungsikan sebagai gerbang melacak rekam jejak para civitas akademika Universitas Brawijaya Malang. Foto: liputan6.com/edhie prayitno ige 

Doddy Hernanto memilih berdamai dengan teknologi. Ia tak memusuhi atau anti dengan teknologi digital. Namun ia tak mau terjebak dengan kemapanan yang dijanjikan teknologi itu.

"Manusia dianugerahi talenta untuk survive. Tak semua bisa diambil alih oleh teknologi. Sentuhan human menjadi pembeda," katanya 

Sebelumnya Doddy yang berpengalaman menjadi additional player grup cadas Boomerang yang eksis tahun 1990-an juga menemukan teknik bermain gitar dengan satu jari.

Teknik itu juga memanfaatkan teknologi sehingga siapapun bisa mengasah feel atau rasa bermusiknya dengan lebih mudah. 

"Saat itu tujuannya bukan mengajak main musik, namun memperhalus rasa kemanusiaan melalui musik. Jika mudah memainkan otomatis akan menyenangkan," kata Doddy.

Nah, bagi yang penasaran dengan aktivitas, riset, temuan atau karya para civitas akademika Universitas Brawijaya Malang, silakan mengunjungi dan langsung saja scan QR Art yang dipamerkan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya