Mengintip Indahnya Pantai Senggigi, Wisata Alam Cantik di Lombok

Pantai Senggigi merupakan salah satu pantai populer di Lombok. Pantai ini memiliki pemandangan alam cantik terutama untuk menikmati sunset.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 29 Jul 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 06:00 WIB
Wisata Lombok Barat
Pantai Senggigi yang indah (Sumber: dispar.lombokbaratkab)

Liputan6.com, Bandung - Pulau lombok merupakan salah satu wilayah yang masuk bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini terkenal dengan wisata alamnya yang dijuluki sebagai surga tersembunyi di Indonesia.

Julukan tersebut diberikan bukan tanpa sebab mengingat pulaunya yang menawarkan keindahan alam mempesona. Pulaunya juga sering dijuluki sebagai “saudara kecil Bali” karena pesonanya yang tidak kalah indah.

Lombok menyimpan sejumlah wisata alam cantik terutama pantai-pantainya yang terkenal indah. Salah satu pantai cantik yang cukup terkenal di Lombok adalah Pantai Senggigi yang populer dengan destinasi berlibur untuk menikmati pantai dan matahari terbenam.

Pantai Senggigi menawarkan pemandangan cantik dengan garis pantai yang panjang dan ombak yang tenang. Pantainya juga sempurna untuk menikmati sejumlah aktivitas seperti berenang, snorkeling, hingga bersantai di tepi pantai.

Pantai ini juga terkenal sebagai spot untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Pasalnya setiap sore langit di atas pantainya berubah menjadi pemandangan warna-warni yang indah mulai dari oranye, merah, hingga ungu.

Kemudian terdapat pemandangan indah bawah laut yang mempesona dan terdapat terumbu karang yang masih alami dengan spesies ikan yang unik. Tidak jauh dari pantainya bahkan terdapat area snorkeling cantik di sekitar pantai tersebut.

Selain menikmati alam yang indah pantai ini juga memiliki daya tarik lainnya mulai dari wisata kuliner khas dan mempelajari budaya di Lombok seperti melihat pertunjukan musik tradisional atau tarian-tarian khasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daya Tarik Pantai Senggigi

Surfing Di Pantai Duduk, Senggigi
Surfing Di Pantai Duduk, Senggigi. (Foto by: Hans Bahanan)

Seperti disebutkan sebelumnya Pantai Senggigi terkenal sebagai destinasi wisata yang menawarkan pemandangan matahari terbenam atau sunset yang cantik. Hal tersebut karena Pantai Senggigi menghadap ke arah Barat dan cocok dikunjungi pada waktu sore hari.

Ketika cuaca langit cerah para wisatawan juga bisa melihat keindahan sunset yang mempesona dengan jelas. Terdapat lapisan pemandangan langit warna-warni yang indah mulai dari oranye, merah, hingga ungu.

Wisatawan juga bisa melakukan sederet aktivitas menarik di Pantai Senggigi mulai dari bersantai di tepi pantai, menaiki kano, berkeliling dengan perahu, berenang, atau menaiki jetski.

Pasir putihnya yang cantik juga terkenal dengan tekstur yang lembut sehingga bisa dimanfaatkan untuk bermain pasir bersama anak. Kemudian bagi pencinta alam bawah laut bisa melihat sederet biota laut dengan tur menyelam.


Harga Tiket Masuk Pantai Senggigi

Musik Jazz Bakal Mengalun Indah di Senggigi Mulai Sore Ini
Tak hanya disuguhi penampilan musisi keren yang mengalunkan jazz, Anda juga menikmati matahari terbenam di Pantai Senggigi. (Liputan6.com/Hans Bahanan)

Pantai Senggigi pada umumnya tidak dipungut dengan biaya tiket masuk sehingga para wisatawan bisa menikmati pemandangan alamnya secara gratis. Namun yang perlu diperhatikan terdapat tarif umum yang harus dikeluarkan.

Misalnya wisatawan yang membawa kendaraan pribadi harus membayar tarif parkir yang menyesuaikan dengan kendaraan yang dibawa. Selain itu terdapat sejumlah aktivitas tertentu yang memiliki biaya berbeda-beda tergantung dengan aktivitas yang akan dilakukan.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan bawah laut bisa menyewa perlengkapan snorkeling atau mengikuti tur menyelam. Kemudian untuk wisatawan yang ingin menaiki jetski atau perahu bisa membayar sesuai harga sewanya.


Lokasi dan Rute ke Pantai Senggigi

Teluk Nare Senggigi
Pemandangan pesisir pantai pelabuhan Teluk Nare, banyak kapal speed boat yang bisa disewa ke Pulau Gili Trawangan. (liputan6.com/Musthofa Aldo)

Pantai Senggigi berlokasi di bagian barat daya Pulau Lombok atau sekitar 15 kilometer dari kota Mataram. Akses menuju pantai ini juga termasuk mudah karena bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Jam buka pantainya juga dibuka setiap hari selama 24 jam dan ramai dikunjungi pada waktu sore karena pengunjung ingin menikmati suasana sore atau sunset yang mempesona. Pantai ini juga dekat dengan kota Mataram sekitar 18,7 km atau 30 menit perjalanan.

Sementara para wisatawan yang datang dari Bandara Udara Internasional Lombok bisa menempuh jarak 50,7 km atau 1 jam 7 menit perjalanan. Kemudian pantainya juga berhadapan dengan Pulau Bali.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya