Banyuwangi Punya Kampus Baru, UI Cordoba Buka Pendaftaran Mahasiswa

Dunia pendidikan Kabupaten Banyuwangi semakin semarak dengan kehadiran kampus baru.

oleh Tim Regional diperbarui 02 Agu 2024, 14:35 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2024, 14:30 WIB
kampus UI Cordoba
Universitas Islam Cordoba resmi berdiri di Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi. (Liputan6.com/ Dok Ist)

Liputan6.com, Banyuwangi - Dunia pendidikan Kabupaten Banyuwangi semakin semarak dengan kehadiran kampus baru. Hal ini seiring dengan berdirinya Universitas Islam Cordoba di Karangdoro, Kecamatan Tegalsari.

Soft launching kampus tersebut berlangsung Jumat (2/8/2024), dihadiri Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, MH, dan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H Ahmad Zainul Hamdi, MAg.

"Universitas ini unik karena lahir dan tumbuh di tengah-tengah pondok pesantren," kata Syarifuddin dalam sambutan pembukaan. Kampus tersebut memang berada di tengah Pesantren Mabadiul Ihsan Banyuwangi.

Nama Cordoba diambil dari masa kejayaan Islam yakni Kota Cordoba, yang merupakan pusat intelektual di Eropa. Dari kota ini lahir para ilmuwan muslim seperti, Ibnu Rusydi, Al-Qurtubi, Ibnu Hazmi, Az-Zahrawi, Al-Ghafiqi, Al-Idrisi, dan intelektual muslim lainnya.

"Semoga dari kampus ini, kita berharap bisa lahir ilmuwan-ilmuwan dan pemimpin kelas dunia, yang dekat dengan peradaban Islam sesuai dengan nama besar Cordoba," tambah Syarifuddin.

Sementara Prof Zainul Hamdi menyambut baik kehadiran UI Cordoba. “Semoga kampus ini mampu menumbuhkan budaya akademik yang baik, sehingga akan lahir para pemimpin dan ilmuwan yang mendedikasikan pengetahuannya untuk masyarakat luas," kata pria yang akrab disapa Prof Inung tersebut.

Rektor UI Cordoba Agus Trihartono, Ph.D mengatakan, UI Cordoba akan menghadirkan kurikulum yang unik. Menggabungkan studi Islam berbasis pesantren dengan materi-materi terkini yang relevan dengan perkembangan zaman.

“Di sini juga menyediakan kurikulum yang mencakup digital leadership, digital communication, coding, etika media sosial, dan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI),” terang Agus yang merupakan alumnus Ritsumeikan University, Kyoto, Jepang tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4 Fakultas dan 7 Prodi

Kampus tersebut membuka empat fakultas dan tujuh program studi. Mulai dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Dakwah (FD) dan Fakultas Ushuluddin (FU).

Prodinya sendiri meliputi ekonomi syariah, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Ada juga Bimbingan dan Konseling Islam serta Ilmu Al-Quran dan Tafsir.

“Semuanya akan diampu oleh dosen dan tenaga kependidikan yang mumpuni dan profesional,” ungkap Agus.

Sebagai komitmen profesionalitasnya tersebut, Prof Inung juga didatangkan langsung untuk memberikan pembekalan kepada para dosen.

“Pembekalan ini bertujuan untuk memberikan arahan, motivasi, dan wawasan baru kepada para dosen dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai pendidik dan peneliti di UI Cordoba,” imbuh Agus.

“UI Cordoba telah memulai masa penerimaan mahasiswa baru. Silakan kunjungan website dan media sosial kami untuk mengetahui lebih lanjut,” pungkas Agus. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya