Pilgub Jateng, Ahmad Luthfi: Apapun yang Terjadi Kita Tak Saling Hujat dan Serang

Ahmad Luthfi, bakal calon gubernur yang diusung oleh KIM plus menegaskan tidak ingin menciptakan atmosfer ketegangan tersebut kepada para pemilih. Justru sebaliknya, ingin kontestasi berjalan aman dan damai.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 09 Sep 2024, 21:21 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2024, 21:21 WIB
Bakal calon Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi usai menerima dukungan dari DPP Partai Demokrat. (Liputan6.com/M Radityo Priyasmoro)
Bakal calon Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi usai menerima dukungan dari DPP Partai Demokrat. (Liputan6.com/M Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Jawa Tengah disebut sebagai tempat 'perang bintang' dalam Pilkada 2024. Alasannya, dua bakal calon gubernur yang bertarung merupakan eks perwira tinggi dari TNI-Polri

Dua pasangan tersebut adalah mantan Panglima TNI Andika Perkasa yang berpasangan dengan Hendrar Prihadi dan mantan Kapolda Jateng Ahmad Luthfi yang berpasangan dengan Taj Yasin Maimoen.

Menanggapi hal itu, Ahmad Luthfi bakal calon gubernur yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus menegaskan tidak ingin menciptakan atmosfer ketegangan tersebut kepada para pemilih. Justru sebaliknya, ingin kontestasi berjalan aman dan damai.

"Saya itu ikut kontestasi merupakan suatu tantangan ke depan terkait Jawa Tengah. Bahwa apapun yang terjadi kita tidak untuk saling menghujat tidak saling menyerang," kata Luthfi dalam acara talkshow Kawal Pilkada bersama Liputan6 SCTV di SCTV Tower, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2024).

Dia berharap, jalannya demokrasi tidak akan membuat pemilu kontra produktif. Khususnya di Jawa Tengah, akan dicoba menciptakan suasana riang gembira.

"Karena ini (Pemilu) bagian demokrasi kita tidak ingin membuat pemilu kontra produktif, jadi di Jawa Tengah itu saya ingin menciptakan senang," tandas Luthfi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lawan Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng, Andika Perkasa Tidak Mau Disebut Perang Bintang

60 Bakal Calon Kepala Daerah Terima Surat Rekomendasi dari PDIP
Jenderal TNI (purn) Andika Perkasa sesaat sebelum menerima surat rekomendasi dari PDIP untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jateng 2024. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Andika Perkasa enggan jika Pilkada Jateng 2024 disebut sebagai 'perang bintang'. Menurut dia, Pilkada Jateng merupakan kontentasi terbuka atas sosok dan program dari pasangan calon.

"Enggak lah, calonnya ada dua. Dan pasti kita berdua juga berusaha untuk memperkenalkan siapa kami, visi, misi program," kata Andika kepada wartawan di Kota Solo, Jawa Tengah dikutip Senin (2/9/2024).

Andika tidak mempermasalahkan bahwa PDIP menjadi partai tunggal tanpa koalisi yang mengusung calon di Pilkada Jateng 2024. Justru, kata dia, pemilih memiliki pilihan dalam menentukan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah.

"Menurut saya itu bagus, karena ada pilihan minimal untuk masyarakat Jawa Tengah, khususnya Solo," tambah dia.

Infografis Gelombang Demonstrasi Marak, DPR Batalkan Pengesahan Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Gelombang Demonstrasi Marak, DPR Batalkan Pengesahan Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya