PKKMB UNS 2024, Wujudkan Kampus Inklusif dengan Program Ramah Disabilitas

Mobilisasi mereka akan diprioritaskan dengan menyediakan transportasi yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, seperti buggy car atau kendaraan dengan aksesibilitas kursi roda.

oleh Tim Regional diperbarui 22 Agu 2024, 08:53 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2024, 22:24 WIB
SBMPTN UNS
Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Solo - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, kembali menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di tahun 2024. Sebagai salah satu kampus yang memperoleh penghargaan Inclusive Education Award sejak 2012, UNS memberikan dan menunjukkan konsistensinya bagi mahasiswa penyandang disabilitas.

Pada tahun ini, UNS secara aktif menegaskan komitmennya untuk menjadi kampus yang ramah disabilitas melalui serangkaian program dan fasilitas yang mendukung mahasiswa baru berkebutuhan khusus.

Hari pertama PKKMB UNS (20 Agustus 2024) diharapkan menjadi langkah awal bagi seluruh mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus yang inklusif.

Dalam acara ini, UNS telah merancang berbagai kegiatan yang tidak hanya mengenalkan kehidupan akademik dan kemahasiswaan, tetapi juga memfasilitasi mahasiswa disabilitas untuk berpartisipasi secara penuh dan maksimal.

Dengan pemberian fasilitas tersebut, UNS bisa menunjukkan kepada mahasiswa maupun publik bahwa tidak ada unsur diskriminasi dalam pemberian pelayanan kepada seluruh mahasiswanya.

Mobilisasi mereka akan diprioritaskan dengan menyediakan transportasi yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, seperti buggy car atau kendaraan dengan aksesibilitas kursi roda. Transportasi ini akan tersedia di berbagai titik strategis di sekitar kampus, memastikan mahasiswa penyandang disabilitas dapat berpindah lokasi dengan mudah dan aman sepanjang acara.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Akses Ramah Disabilitas

Adapun mobilisasi lainnya yang ditunjang dengan penyediaan jalur ramp di setiap bangunan yang ada di UNS. Hal ini ditujukan agar mahasiswa disabilitas merasa mudah untuk menjangkau titik demi titik yang ada di setiap gedung kawasan UNS.

Selain itu, terdapat mobilisasi lain terhadap mahasiswa tuli melalui pengadaan fasilitator berupa penerjemah bahasa isyarat yang dimana akan memudahkan mahasiswa tuli untuk mengikuti serta dalam menyimak materi dan informasi saat acara PKKMB UNS 2024 berlangsung.

UNS juga menyiapkan titik kumpul khusus yang telah disiapkan dengan mempertimbangkan kebutuhan mahasiswa disabilitas, seperti ruang luas dan jalur ramp untuk pergerakan kursi roda, tempat yang nyaman dan pendampingan khusus.

Titik kumpul ini akan menjadi pusat koordinasi dan interaksi bagi mahasiswa penyandang disabilitas sehingga dapat dipastikan mereka bisa mengikuti seluruh rangkaian acara PKKMB dengan dukungan maksimal dari pihak kampus.

Koordinator Divisi Pendamping PKKMB UNS 2024, Muhamad Farhan Ilyas Hanafi, menyebutkan bahwa dirinya akan memastikan secara penuh dalam pendampingan mahasiswa baru.

"Sebagai koordinator pendamping di kepanitiaan PKKMB tahun ini, saya akan memastikan teman-teman pendamping lain untuk memberikan pendampingan secara maksimal terhadap mahasiswa baru terutama penyandang disabilitas," ujar Farhan dalam siaran bersama TA Radio pada Senin (12/08/2024).

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya