Apple Bakal Luncurkan iPhone 16, Berikut Bocoran Spesifikasinya

Saat ini, rumor terkait spesifikasi iPhone 16 telah ramai dibahas publik. Adapun berikut ini beberapa bocoran spesifikasi hingga kemungkinan fitur barunya.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 27 Agu 2024, 19:33 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 19:20 WIB
iPhone 16
Apple bakal melengkapi iPhone 16 dengan tombol tambahan, fungsinya? (Doc: MacRumors)

Liputan6.com, Bandung - Perusahaan elektronik ternama, Apple disebut-sebut akan merilis model iPhone terbaru mereka pada awal bulan depan. Melansir dari situs resminya, produk tersebut kemungkinan besar akan diperkenalkan dalam Apple Event yang digelar pada 9 September 2024.

Acaranya akan berlangsung pada pukul 10.00 pagi waktu setempat atau tanggal 10 September pukul 12.00 WIB dini hari. Diketahui Apple Event pada tahun ini mengusung tagline bertajuk “It’s Glowtime” dan diadakan di Steve Jobs Theater.

Sementara itu, menurut MacRumors, Apple akan memperkenalkan smartphone terbaru mereka, iPhone 16. Pembaruan pada ponsel tersebut dapat mencakup ukuran layar yang lebih besar untuk perangkat iPhone 16 Pro dan Pro Max.

Kemudian juga dirumorkan akan memiliki tombol pengambilan foto dan video baru di semua model untuk perekaman yang lebih terkontrol. Selain itu menurut rumornya sistem kamera baru dari ponselnya juga disebut-sebut akan disejajarkan secara vertikal.

iPhone terbaru ini juga disebut-sebut akan memperkenalkan beberapa variasi mulai dari iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Selain itu, menurut MacRumors, perusahaan ini juga akan memperbarui sisi perangkat lunak mereka yang diperkirakan akan mengungkap iOS 18.1

Serta memperkenalkan Apple Intelligence, teknologi kecerdasan buatan perusahaan yang masih baru dan tampaknya lebih berfokus dengan pengembangan software dan fitur-fitur berbasis AI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bocoran Spesifikasi iPhone 16

iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16
iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16 (Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash)

Berdasarkan informasi dari situs GSM Arena, iPhone 16 dirumorkan memiliki tampilan yang lebih baru. Salah satunya tampilan layar yang lebih besar terutama untuk model Pro yang disebut-sebut akan mempunyai layar untuk model Pro 6,3 inci dan Pro Max 6,9 inci.

Kemudian ponsel ini juga akan memperkenalkan kemungkinan adanya warna baru yang menarik contohnya warna rose gold untuk menggantikan biru. Selain itu, dalam segi chipset yang digunakan ponsel ini juga digadang-gadang akan menggunakan chip A18.

Chip tersebut disebut lebih canggih dengan dukungan teknologi AI terbaru dari perusahaan Apple. Sementara itu tombol aksi dalam iPhone 16 standar dan 16 Plus akan mendapatkan tombol aksi yang sebelumnya ada di model Pro iPhone 15.

Tombolnya juga bisa dikustomisasi untuk berbagai fungsi seperti mengubah nada dering atau membuka kamera.


Tampilan Kamera yang Lebih Menarik

iPhone Lockscreen with iOS 16
iPhone lock screen with software iOS 16 (unsplash/Sarah B)

Menurut rumor yang ramai dibahas di antara publik, ponsel ini akan memperkenalkan tombol baru di sisi kanan ponselnya. Tombol tersebut digadang-gadang akan menjadi tombol yang mengontrol fitur kamera seperti DSLR.

Kemudian ada soft button yang dirumorkan bisa mengambil autofokus dan untuk mengambil gambar bisa menekan lebih keras. Selain itu tombolnya juga bisa digeser untuk memperbesar atau memperkecil ketika memotret atau merekam video.

Berdasarkan desas desus yang beredar kamera pada ponsel tersebut juga akan menampilkan desain model yang baru dengan bentuk persegi kamera menjadi vertikal. Sehingga bocoran tersebut menjadi salah satu sorotan dari para pencinta Apple.

Selain itu, ponsel ini disebut-sebut memiliki lensa Ultra Wide 48 megapiksel yang ditingkatkan untuk iPhone 16 Pro sehingga dinantikan oleh para penggemar fotografi. Ponselnya juga dikabarkan akan menyertakan lens Telefoto 5x.


Fitur Rumor Lainnya

Tanggal Peluncuran iPhone 16 Terungkap
Tanggal Peluncuran iPhone 16 Terungkap! Apple Event Siap Digelar 9 September. (Doc: Apple)

Berdasarkan informasi dari Macrumors, terdapat desas-desus terkait fitur baru yang akan tersedia pada ponsel tersebut. Salah satunya pada iPhone 16 Pro Max yang disebut-sebut jadi yang pertama menampilkan kamera periskop super telefoto untuk zoom optik.

Kemudian model iPhone 16 Pro juga disebut-sebut akan dilengkapi dengan modem Qualcomm Snapdragon X75 yang memungkinkan konektivitas 5G yang lebih cepat serta efisien.

Sementara itu analis Apple Ming-Chi Kuo yakin bahwa model iPhone 16 Pro bisa mengadopsi teknologi WiFi 7 generasi bersih yang diharapkan bisa memberikan kecepatan setidaknya 30 gigabit per detik dan mencapai hingga 40 Gb/s.

Terlepas dari desas desus tersebut pastikan untuk memastikan kabar produk terbaru Apple melalui acara tahunan yang mereka gelar yaitu Apple Event. Acaranya akan berlangsung pada tanggal 10 September pukul  12.00 WIB dini hari.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya