Khofifah-Emil Tes Kesehatan Pilkada Jatim di RSUD dr Soetomo, Tim Dokter Jamin Profesional

Tes kesehatan ini dilakukan dua hari yakni 29 - 30 Agustus 2024 di Graha Amerta RSUD dr. Soetomo Surabaya.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 29 Agu 2024, 13:11 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 13:09 WIB
Khofifah-Emil Dardak saat daftar Pilkada Jatim 2024. (Istimewa)
Khofifah-Emil Dardak saat daftar Pilkada Jatim 2024. (Istimewa)

Liputan6.com, Surabaya - Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak, menjalani pemeriksaan kesehatan di Graha Amerta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya, untuk pencalonan Pilkada Jatim 2024.

Khofifah-Emil tiba Kamis (29/8/2024) sekitar pukul 07.15 WIB, sebelum menjalani serangkaian tes, Khofifah menyapa awak media dan menyatakan kesiapannya untuk menjalani proses tes kesehatan, sesuai syarat dan aturan dalam PKPU.

"Insya Allah kami siap melaksanakan ini seusai dengan PKPU. Kami siap menjalani pemeriksaan kesehatan hari ini dan kejiwaan besok," ujarnya.

Gubernur Jatim periode 2019-2024 itu berharap semua proses tersebut berjalan dengan baik dan lancar.

Tes kesehatan ini dilakukan dua hari yakni 29 - 30 Agustus 2024 di Graha Amerta RSUD dr. Soetomo Surabaya.

Khofifah- Emil sebelumnya sudah mendaftar ke KPU Provinsi Jatim, pada Rabu 28 Agustus 2024. Sebelum menuju KPU, mereka menggelar kegiatan doa bersama yang dihadiri oleh pimpinan partai politik pengusung, kiai dan bu nyai, serta tokoh masyarakat dan simpul sukarelawan di kediaman Gubernur Jatim periode 2019—2024 itu.

Khofifah-Emil tiba di Kantor KPU Jatim pada pukul 09.30 WIB dengan iring-iringan pawai budaya, ada uldaul Madura, reog Ponorogo, jaranan, tari-tarian tradisional, marching band, dan berbagai macam kesenian lainnya.

Tampak ribuan sukarelawan hingga 15 partai politik (parpol) pengusung ikut mengawal. Sebanyak 15 parpol pengusung Khofifah adalah delapan parpol parlemen: Partai Gerinda, Partai Golkar, Partai Demokrat, PKS, PPP, PAN, PSI, dan NasDem. Tujuh parpol nonparlemen: Perindo, Partai Buruh, Garuda, PBB, PKN, Gelora, dan Prima.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tes Kesehatan Profesional

Khofifah-Emil Dardak daftar Pilkada Jatim di KPU. (Istimewa)
Khofifah-Emil Dardak daftar Pilkada Jatim di KPU. (Istimewa)

Wakil Direktur Umum dan Operasional RSUD dr Soetomo Tjipto Praeetya Nigroho menjamin pemeriksaan kesehatan terhadap bakal pasangan calon tersebut dilakukan secara profesional.

"Kami para dokter menjalani tanda tangan pakta integritas dan menjamin tidak berpihak kepada salah satu calon," ujarnya.

Tjipto mengatakan tes kesehatan terhadap bakal pasangan calon dilakukan di dua tempat, yakni RSUD dr Soetomo dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim.

Hasil tes kesehatan baka pasangan calon pada Pilkada akan diumumkan pada tanggal 2 September 2024.

"Kalau RSUD dr Soetomo dilakukan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani, kalau BNN terkait penyalahgunaan narkoba," katanya.

Infografis Menanti Megawati Umumkan Bakal Calon di Pilkada Jakarta, Pilgub Jateng dan Jatim 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menanti Megawati Umumkan Bakal Calon di Pilkada Jakarta, Pilgub Jateng dan Jatim 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya