Mengenal Ecopark Curug Tilu, Tempat Wisata Menarik di Ciwidey

Ecopark Curug Tilu merupakan tempat wisata populer dan menarik di Ciwidey. Pasalnya tempat ini menawarkan fasilitas yang lengkap dengan pemandangan alam yang memukau.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 04 Sep 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2024, 06:00 WIB
Ecopark Curug Tilu
Keindahan Wisata Ecopark Curug Tilu, Ciwidey. Sumber: Instagram (ecoparkcurugtilu.official)

Liputan6.com, Bandung - Wisata alam merupakan salah satu destinasi favorit banyak orang untuk menghabiskan waktu berlibur. Pasalnya menikmati keindahan alam tidak hanya memberi ketenangan tetapi juga kenangan yang tidak terlupakan.

Selain itu wisata alam masih menjadi lokasi terbaik untuk menikmati waktu berlibur bersama keluarga terutama untuk berlibur bersama anak-anak. Keindahan alamnya menyimpan banyak manfaat mulai dari fisik dan mental.

Kemudian menghabiskan waktu bersama di alam terbuka juga membuka kesempatan untuk seluruh anggota keluarga berinteraksi secara langsung dengan aktivitas menarik. Misalnya berkemah, hiking, atau bahkan piknik di alam terbuka.

Tidak sedikit tempat rekreasi menarik juga berlokasi di tempat alam yang indah cocok untuk menghilangkan stres dari rutinitas sehari-hari yang padat. Misalnya saja berwisata di kawasan Ecopark Curug Tilu.

Tempat wisata tersebut dikenal sebagai destinasi berlibur dengan pemandangan alam yang indah dan mempesona di Ciwidey. Para pengunjung bisa merasakan udara yang segar dan aktivitas yang menyenangkan.

Diketahui udara segarnya berasal dari lokasinya yang berada di kawasan perkebunan teh Rancabali, Bandung Selatan. Kemudian tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang bagus dan dikelola dengan baik.

Konsep wisatanya juga menerapkan wisata yang ramah lingkungan karena pengelolanya sangat memperhatikan kelestarian alam sekitar. Lebih jelasnya lagi berikut ini daya tarik, fasilitas, hingga lokasi ke Ecopark Curug Tilu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daya Tarik Ecopark Curug Tilu

Ecopark Curug Tilu
Keindahan Wisata Ecopark Curug Tilu, Ciwidey. Sumber: Instagram (ecoparkcurugtilu.official)

Ecopark Curug Tilu dikenal sebagai tempat wisata alam keluarga yang menarik untuk dikunjungi. Pasalnya tempat wisata ini tidak hanya memiliki pemandangan air terjun indah tetapi juga dikelola dengan sangat baik.

Para pengunjung bisa menikmati sejumlah aktivitas beragam mulai dari bermain, makan, bersantai, atau bahkan menginap. Harga tiket masuk ke kawasan tersebut juga cukup terjangkau dan ramah dikantong.

Melansir dari media sosialnya para pengunjung bahkan bisa menikmati aktivitas bermain wahana rainbow slide yang menantang. Kemudian juga bisa menikmati sejumlah spot foto cantik yang ada di sekitarnya.

Sementara itu bagi pengunjung yang ingin berkemah bisa menikmati fasilitas mini camp yang tersedia. Bahkan terdapat area penginapan cantik yang memiliki pemandangan langsung menuju alam yang indah.

Bagi wisatawan yang hanya ingin singgah tanpa menginap juga bisa menikmati sajian kuliner di restoran dan cafe yang ada di kawasan tersebut. Makanan yang disajikan juga bervariasi mulai dari makanan berat hingga ringan.


Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Ecopark Curug Tilu

Ecopark Curug Tilu
Keindahan Wisata Ecopark Curug Tilu, Ciwidey. Sumber: Instagram (ecoparkcurugtilu.official)

Ecopark Curug Tilu dikelola dengan sangat baik sehingga mempunyai fasilitas yang sangat lengkap. Tentunya fasilitas pertama adalah kawasan wisata alam cantik berupa pemandangan air terjun yang indah.

Bahkan terdapat area air terjun kecil dengan jembatan yang menawarkan spot berfoto cantik. Kemudian tempat wisata ini juga dikelola dengan baik untuk melihat pemandangan kebun teh yang berdampingan dengan kawasan Ecopark Curug Tilu.

Pengunjung juga bisa menikmati fasilitas berkemah atau glamping seru dengan tipe yang diinginkan. Selain itu terdapat fasilitas taman bermain yang bisa dinikmati terutama oleh anak-anak.

Sementara itu untuk fasilitas umumnya tempat ini menyediakan area penginapan, warung makan, restoran, cafe, toilet, kawasan api unggun, area parkir, spot berfoto, hingga tempat duduk untuk bersantai di seluruh area curugnya.

Melansir dari media sosial resminya, Ecopark Curug Tilu memiliki biaya masuk yang cukup terjangkau sekitar Rp 25.000. 


Lokasi dan Rute ke Ecopark Curug Tilu

Ecopark Curug Tilu
Keindahan Wisata Ecopark Curug Tilu, Ciwidey. Sumber: Instagram (ecoparkcurugtilu.official)

Ecopark Curug Tilo berlokasi di Jl. Raya Rancabali, KM.01, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Jawa Barat, Indonesia. Tempat wisata ini memiliki jam buka setiap hari pukul 07.00 hingga 19.00 WIB.

Wisatawan yang datang dari pusat kota Bandung bisa menempuh perjalanan sekitar 46,6 km atau 1 jam 38 menit perjalanan. Sementara itu dari Alun-Alun Ciwidey perjalanan hanya sekitar 15,9 km atau 32 menit perjalanan.

Diketahui tempat wisatanya juga dekat dengan kawasan wisata alam Ranca Upas karena berjarak hanya sekitar 4,5 km atau 10 menit perjalanan saja. Para pengunjung bisa menikmati wisata ke daerah ini dengan menggunakan kendaraan mobil, bus, atau motor.

Sebagai informasi pengunjung yang datang dari pusat kota Jakarta bisa menempuh jarak 188 km atau 3 jam 21 menit dengan kendaraan pribadi. Sementara itu pengunjung juga bisa menaiki kendaraan umum seperti kereta kemudian melanjutkan perjalanan dengan sewa kendaraan di pusat kota Bandung.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya