Sosok AKBP Condro Sasongko, Kapolres Serang yang Kocak Jadi Idola Baru Warganet

Nama Kapolres Serang AKBP Condro Sasongko sedang ramai dibicarakan warganet di media sosial karena ulahnya yang kocak dan jenaka, jauh dari kesan gahar aparat keamanan.

oleh Yandhi Deslatama diperbarui 10 Sep 2024, 05:31 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2024, 05:31 WIB
Kapolres Serang, AKBP Condro Sasongko, Keluar Mobil dari Jendela. (Selasa, 10/09/2024). (Tiktok Polres Serang).
Kapolres Serang, AKBP Condro Sasongko, Keluar Mobil dari Jendela. (Selasa, 10/09/2024). (Tiktok Polres Serang).

Liputan6.com, Serang - Nama Kapolres Serang, AKBP Condro Sasongko dan Wakilnya, Kompol Ali Rahman sedang hits dan trending di media sosial, terutama tiktok dan Facebook.

Dengan kata kunci "Kapolres Lucu", dengan mudah kita menemukan video kelucuan keduanya di media sosial.

AKBP Condro Sasongko dan Kompol Ali Rahman, keduanya menemukan cara tersendiri untuk dekat dengan masyarakat serta menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah hukumnya.

Polres Serang, dengan program Ngariung Iman Ngariung Aman, kerap menyapa warga dengan segala tingkah lucunya. Candaan dan guyonan bak Srimulat, kerap dilakukan keduanya.

Seperti mata yang seolah-olah tertusuk, lalu salah minum, jatuh dari tempat duduk, hingga terbentur dengan tiang atau tembok.

Bahkan ada sebuah video Kapolres Serang, AKBP Condro Sasongko, nekat lewat jendela saat keluar dari mobil dinasnya, sontak membuat warga kaget. Bahkan dia tercebur ke sawah saat membantu warga yang kebanjiran.

Melihat dari akun Tiktok resmi Polres Serang, akun itu sudah diikuti oleh 176 ribu lebih follower. Kemudian di laman pencarian Facebook, banyak unggahan video kejenakaan AKBP Condro Sasongko dan Kompol Ali Rahman.

Tingkah jenaka itu membuat masyarakat tidak segan mengadu bahkan mengkritik polisi. Bahkan saat malam hari, AKBP Condro Sasongko dan Kompol Ali Rahman, kerap mendatangi warga yang sedang bergadang atau berkumpul di pos ronda perkampungan hingga perumahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Beragam Komentar Warganet

Kapolres Serang Bersama Masyarakat. (Selasa, 10/09/2024). (Tiktok Polres Serang).
Kapolres Serang Bersama Masyarakat. (Selasa, 10/09/2024). (Tiktok Polres Serang).

Video yang menampilkan keduanya pun ditonton hingga puluhan ribu dan yang terbanyak sampai 7,5 juta penonton. 

Unggahannya pun mendapat banyak komentar dari netizen, seperti akun tiktok bernama novel, "maaf komandan izin bertanya, AKBP sama STNK pangkatnya lebih tinggi mana ya," tulisnya di unggahan akun tiktok Polres Serang.

Kemudian akun i'm pun meninggalkan komentarnya, "bukti klw AKBP Condro Sasongko masuk secara murni," komennya.

Kemudian dayat_528, meminta Kapolres Sereng, AKBP Condro Sasongko dikirim ke daerahnya, "saya tidak kenal beliau, tapi saya percaya kalau dia ada dua, kirim satu ke tempat kami," komentarnya.

Warga Semarang, Jawa Tengah pun meninggalkan komentarnya di unggahan tiktok Polres Serang, arjuna, "polisi yg paling gue sukai diseluruh Indonesia bapak Kapolres Serang, salam dari Semarang pak," tulisnya.


Kapolres dan Wakapolres yang Jenaka Mudah Dekat dengan Masyarakat

Kapolres dan Wakapolres Serang Saling Bercanda Saat Memberi Bantuan Air Bersih ke Masyarakat. (Selasa, 10/09/2024). (Tiktok Polres Serang).
Kapolres dan Wakapolres Serang Saling Bercanda Saat Memberi Bantuan Air Bersih ke Masyarakat. (Selasa, 10/09/2024). (Tiktok Polres Serang).

Akibat ulah konyol AKBP Condro Sasongko dan Kompol Ali Rahman yang dekat dengan masyarakat melalui cara berbeda, Polres Serang diganjar penghargaan oleh Lembaga Kajian Kepolisian Indonesia (Lemkapi).

Penghargaan itu diberikan pada 06 Agustus 2024 lalu oleh Direktur Eksekutif Lemkapi, Edi Saputra Hasibuan, atas program Ngariung Iman Ngariung Aman.

Kapolres alumnus Akpol 2005 dan Wakapolres Serang alumni 2008 itu dinilai mampu menunjukan kepemimpinan publik yang mampu merangkul, mensinergikan kekuatan seluruh elemen masyarakat, tokoh agama, aparatur sipil dan TNI sesuai program Presisi Kapolri.

"Kehadiran Kapolres yang humoris dan kocak di tengah masyarakat mendapat apresiasi dari berbagai elemen masyarakat. Ini efektif dalam merubah citra Polri dari yang awalnya ditakuti, kini malah ditunggu kehadirannya oleh masyarakat," ujar Direktur Eksekutif Lemkapi, Edi Saputra Hasibuan, dalam keterangan resminya, ditulis Selasa, (10/09/2024).

Menurut Edi Hasibuan, program Ngariung Iman Ngariung Aman dianggap efektif dalam merubah citra Polri di mata masyarakat dan mendapat respons positif, karena rajin bertemu masyarakat dan menyerap kondisi yang ada di lapisan paling bawah.

Mangan anggota Kompolnas itu berharap perilaku AKBP Condro Sasongko bisa ditiru kapolres lainnya diseluruh Indonesia, dengan kearifan lokal di setiap daerah.

"Saya berharap program ngariung yang dijalankan Kapolres Serang ini bisa dilakukan oleh polres-polres lainnya di seluruh Indonesia. Karena program ini sesuai dengan yang dicanangkan Kapolri dalam meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya