Pilkada Sumbar: Mahyeldi-Vasco Nomor Urut 1, Epyardi-Ekos Nomor 2

Pilkada Sumbar 2024 diikuti dua pasangan, yakni Mahyeldi-Vasco dan Epyardi-Ekos. Kedua pasangan tersebut hadir dengan para pendukungnya.

oleh Novia Harlina diperbarui 23 Sep 2024, 20:45 WIB
Diterbitkan 23 Sep 2024, 20:40 WIB
Pengundian nomor urut calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat. (Liputan6.com/ ist)
Pengundian nomor urut calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat. (Liputan6.com/ ist)

Liputan6.com, Padang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat melakukan pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang berlaga dalam Pilkada 2024, Senin (23/9/2024).

Pilkada Sumbar 2024 diikuti dua pasangan, yakni Mahyeldi-Vasco dan Epyardi-Ekos. Kedua pasangan tersebut hadir dengan para pendukungnya.

Mahyeldi-Vasco kompak menggunakan kemeja biru serta kopiah hitam, sementara Epyardi-Ekos memakai baju dan penutup kepala (deta) khas bagi lelaki Minangkabau.

Dalam pengundian nomor urut tersebut, pasangan Mahyeldi-Vasco mendapat nomor urut 1. Pasangan ini merupakan petahana dimana Mahyeldi saat ini menjabat sebagai gubernur Sumatera Barat.

Selain itu Mahyeldi merupakan kader PKS dan Vasco kader Partai Gerindra. Selain dari partai masing-masing, keduanya juga diusung oleh Demokrat, PBB, dan Perindo.

Kemudian pasangan Epyardi-Ekos mendapat nomor urut 2. Keduanya diusung oleh tujuh partai dalam Pilkada Sumbar 2024, yakni Golkar, PDIP, Nasdem, Gelora, Partai Buruh dan Partai Garuda.

Epyardi saat ini menjabat sebagai Bupati Solok, sementara Ekos Albar merupakan mantan wakil wali Kota Padang.

Pengundian nomor urut ini juga diikuti para pendukung masing-masing calon, diiringi teriakan dan yel-yel dari masing-masing pendukung.

Calon Gubernur Sumbar nomor urut 1, Mahyeldi mengatakan jika terpilih kembali, ia berjanji akan bergerak cepat untuk pembangunan Sumbar.

"Kami akan bersinergi dengan pusat, Sumbar bisa lebih baik lagi," ujarnya, Senin (23/9/2024).

Sementara Calon Gubernur Sumbar nomor urut 2, Epyardi Asda menyampaikan secara pribadi ia senang mendapatkan nomor urut 2.

"Pesan saya kepada masyarakat, mari datang ke TPS dan tentukan pilihan berdasarkan data dan fakta," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya