Waskita Karya Bakal Kembali Lepas Saham Anak Usaha Tahun Depan

Waskita Karya pertimbangan untuk melepas saham anak usaha ke publik dan cari mitra strategis.

oleh Achmad Dwi Afriyadi diperbarui 20 Sep 2016, 15:12 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2016, 15:12 WIB
Waskita

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan pelat merah PT Waskita Karya Tbk (WSKT) berencana melepas saham anak usahanya yakni PT Waskita Toll Road. Penghimpunan dana publik tersebut dibutuhkan untuk mengejar target pembangunan tol sepanjang 1.000 km.

Namun, Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk M Choliq belum membeberkan target dana yang diraih dari pelepasan saham tersebut.

"(Initial public offering (IPO)) Ya tahun depan. Belumlah (targetnya), kita lihatlah. Yang jelas tol road itu target kami akan membangun tol di atas 1.000 km, Waskita," kata dia di Gedung BEI Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Choliq juga enggan membeberkan wilayah tol yang diincar perseroan. Namun, hingga saat ini perseroan telah membangun sepanjang 750 km.

"Yang lama sudah 750 km, kami harus kejar lagi memperoleh tol road 250 km lagi. Apakah itu sebagai kontraktor atau investor sama saja yang penting kami bangun," ujar dia.

Dia menerangkan, untuk membangun tol sepanjang 1.000 km dibutuhkan dana investasi sekitar Rp 100 triliun. Selain menimbang opsi pelepasan saham publik, dia mengatakan juga akan menimbang pencarian mitra strategis.

"Mana yang lebih baik strategic partner atau IPO, itu masih kajian, yang jelas belum diputuskan ," ungkap dia.

Untuk diketahui, secara grup Waskita Karya memiliki 24 anak usaha. Tahun ini, perseroan menargetkan ekuitas sebesar Rp 20 triliun.

"Yang jelas sasaran Waskita Holding tahun ini equity bertambah Rp 10 triliun dua kali, kalau tahun kemarin Rp 9,7 triliun, tahun ini Rp 20 triliun. Tahun berikutnya di atas Rp 30 triliun itu yang jelas untuk Waskita Holding," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya