PGAS Alirkan Gas Bumi Perdana di IKN, Hotel Nusantara Jadi Pelanggan Pertama

Hotel Nusantara memanfaatkan gas bumi dari PGAS sebagai sumber energi utama dalam aktivitas memasak, sehingga dapat mengurangi penggunaan bahan bakar lain yang dapat menimbulkan dampak kurang baik bagi lingkungan.

oleh Arthur Gideon diperbarui 28 Jul 2024, 17:30 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 17:30 WIB
20151028-PGN Siap Salurkan Gas Ke Sektor Industri
Petugas mengecek instalasi pipa metering regulating station PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) di PT Lion Metal Works di Jakarta, (28/10/2015). PGN berkomitmen memperluas pemanfaatan gas bumi di sektor Industri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) tengah menguji coba penyaluran gas bumi perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pelanggan komersial yang mendapat kesempatan pertama dialiri gas bumi oleh PGN dalah Hotel Nusantara. 

General Manager Sales and Operation Region III PGAS Hedi Hedianto menjelaskan, penyaluran gas bumi ini sebagai wujud komitmen PGN dalam mendukung pembangunan infrastruktur di kawasan IKN sekaligus mendorong peningkatan efisiensi operasional hotel tersebut.

"Dalam hal ini, PGN memberikan kombinasi pelayanan melalui moda beyond pipe line berupa compressed natural gas (CNG), yang lebih fleksibel untuk dapat mempercepat target pembangunan IKN," ujarnya dikutip dari Antara, Minggu (28/7/2024).

Hotel Nusantara memanfaatkan gas bumi dari PGN sebagai sumber energi utama dalam aktivitas memasak, sehingga dapat mengurangi penggunaan bahan bakar lain yang dapat menimbulkan dampak kurang baik bagi lingkungan.

Hedi melanjutkan melalui keandalan infrastruktur terintegrasi, PGN memproyeksikan penyaluran gas bumi sebesar 13.800 m3 per bulan ke Hotel Nusantara.

"Kami pastikan proses penyaluran ke depannya dapat berjalan dengan aman dan lancar," sebutnya.

Ia pun berharap penyaluran gas bumi dapat mempermudah kegiatan operasional hotel dengan lebih efektif dan efisien.

"Tidak hanya memberikan dukungan terhadap perkembangan industri perhotelan di IKN, PGN juga senantiasa mendukung komitmen pemerintah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur dan penyediaan fasilitas terbaik di IKN," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mempermudah Aktivitas

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) rilis laporan keuangan semester I 2022 pada Kamis, 22 September 2022 (Foto: PT Perusahaan Gas Negara Tbk/PGAS)
PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) rilis laporan keuangan semester I 2022 pada Kamis, 22 September 2022 (Foto: PT Perusahaan Gas Negara Tbk/PGAS)

Sementara itu, Project Manager Hotel Nusantara Herry Sukoco mengapresiasi dukungan yang diberikan PGN dalam penyediaan gas bumi di kawasan IKN.

Ia mengatakan bahwa kegiatan operasional hotel membutuhkan gas, sehingga dukungan dari PGN merupakan solusi untuk pemenuhan.

"Kami di sini menggunakan material yang di-supply oleh PGN terutama untuk area kitchen yang sebagian besar menggunakan gas. Penggunaan gas bumi ini mempermudah aktivitas, karena kami tidak lagi memiliki kendala terkait pasokan," katanya.

Hingga saat ini, PGN telah menyiapkan infrastruktur pipa di IKN sepanjang 10,7 km, yang terpasang di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1A dan pembangunannya masih terus berlanjut.

Untuk tahap awal, infrastruktur pipa diproyeksikan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan gas rumah tangga sebanyak 9.996 sambungan rumah (SR).

Hedi menambahkan PGN senantiasa mendukung pemerintah dalam melakukan pembangunan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia, tentunya dengan keamanan dan pelayanan terbaik.

"Pemenuhan energi gas bumi di kawasan IKN merupakan salah satu wujud dari upaya tersebut," sebutnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya