Pengumuman Kabinet Prabowo Beri Sentimen Positif Pasar Saham Indonesia

Pelantikan kabinet merupakan salah satu poin penting, yang mana bukan hanya tentang politik, namun juga seberapa jauh tim yang ada nantinya akan mampu untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

oleh Arthur Gideon diperbarui 20 Okt 2024, 14:30 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 14:30 WIB
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Resmi Gantikan Jokowi-Ma'ruf Amin
Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029, Prabowo Subianto (kiri) dan Presiden Republik Indonesia periode 2014-2024 Joko Widodo (kanan) duduk saat Sidang Paripurna Pelantikan Presiden terpilih di gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Jakarta pada 20 Oktober 2024. (BAY ISMOYO/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto resmi dilantik menteri Presiden Republik Indonesia pada hari ini Minggu (20/10/2024). Usai dilantik, Prabowo menyampaikan pidato perdana.

Dalam pidatonya, Prabowo menekankan komitmennya untuk memimpin dengan penuh tanggung jawab dan mengerahkan seluruh kekuatan jiwa dan raga demi kepentingan bangsa.

Setelah pelantikan ini, industri keuangan tengah menanti pengumuman menteri yang akan membantu Prabowo dalam lima tahun ke depan.

Saat ini sudah ada nama-nama yang akan menjadi menteri tersebut tetapi untuk posisinya belum diumumkan.

Associate Director Pilarmas Investindo Maximilianus Nicodemus menyampaikan bahwa pemilihan susunan kabinet baru akan memberikan sentimen positif bagi pasar saham Indonesia, terutama pada sektor-sektor yang memang sangat dibutuhkan oleh pemimpin yang memiliki kompetensi di bidangnya.

Menurutnya, pelantikan kabinet merupakan salah satu poin penting, yang mana bukan hanya tentang politik, namun juga seberapa jauh tim yang ada nantinya akan mampu untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 8 persen per tahun pada tahun-tahun mendatang.

"Oleh sebab itu, pelaku pasar dan investor tentu akan menantikan dengan sangat, siapa saja yang akan masuk ke dalam kabinet. Tidak hanya dalam negeri, tapi juga investor asing pastinya," ujar pria yang akrab disapa Nico dikutip dari Antara, Minggu (20/10/2024).

 

Pemanggilan Sri Mulyani

Prabowo
Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdananya usai resmi dilantik menjadi presiden 2024-2029. (Tim News).

Seiring adanya pemanggilan terhadap Sri Mulyani Indrawati yang diproyeksikan akan kembali menjadi menteri keuangan, menurutnya, pelaku pasar akan merespons secara positif.

"Namun, selebihnya mungkin kita juga harus menunggu penetapan selanjutnya dari kabinet yang ada, sehingga kita bisa mendapatkan kepastian lebih lanjut tentang rencana selanjutnya," ujar Nico.

Nico pun berharap bahwa posisi kabinet dapat di isi oleh tokoh- tokoh yang berkompeten pada bidangnya untuk dapat mewujudkan target pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 8 persen yoy.

"Berhasil atau tidaknya, semua akan tergantung tim yang akan dibawanya nanti. Tidak masalah apabila dari partai, selama memang kompetensinya berada di sana untuk mengakselerasi pertumbuhan," ujar Nico.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya