Teori Tokoh Owen Ini Hubungkan Jurassic Park dan Jurassic World

Benarkah Karakter Owen-nya Chris Pratt di Jurassic World adalah bocah kecil dari Jurassic Park?

oleh Ade Irwansyah diperbarui 15 Jun 2015, 11:50 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2015, 11:50 WIB
Karakter Utama Jurassic World Berkawan dengan Dinosaurus?
Karakter Utama Jurassic World Berkawan dengan Dinosaurus?

Liputan6.com, Los Angeles PERINGATAN: SPOILER ALERT! Artikel ini membincangkan isi cerita Jurassic World.

Film Jurassic World yang sedang tayang di bioskop menceritakan kisahnya terjadi 22 tahun setelah film pertama, Jurassic Park (1993). Film baru itu mengandaikan taman hiburan "Jurassic Park" yang dulu belum dibuka untuk umum, akhirnya dibuka dengan nama baru "Jurassic World".

Di sana kita melihat, ilmuwan mencipta dinosaurus jenis baru hasil gabungan DNA tyranosaurus rex (t-rex), velociraptor, serta binatang-binatang modern lain. Hasilnya, dinosaurus baru itu, indominus rex tak hanya tumbuh sebesar t-trex dan secerdas raptor, namun juga bisa berkamuflase seperti bunglon.

Nah, selain indominus rex, kejutan lain di Jurassic World adalah fakta bahwa pada akhirnya, raptor yang ganas bisa dilatih oleh manusia selayaknya anjing. Di film kita berkenalan dengan karakter Owen yang dimainkan Chris Pratt.

Owen seorang pawang raptor. Dia berhasil melatih raptor-raptor hingga jadi patuh padanya.

Nah, karakter Owen ini kemudian memunculkan teori baru yang kini sedang heboh di dunia maya.

Jadi, kata teori itu: Karakter Owen-nya Chris Pratt di Jurassic World adalah bocah kecil yang ditakut-takuti Dr. Grant (Sam Neill) di Jurassic Park.

Chris Pratt di Jurassic World.

Kata Huffington Post, teori ini bermula dari sebuah post di laman Reddit milik akun farceur318. Ia menulis:

"Di film anyar Jurassic World, tokoh yang dimainkan Chris Pratt, seorang pelatih velociraptor, adalah bocah gemuk yang ditakut-takuti grant (Sam Neill) di awal film Jurassic Park pertama. Waktu itu, Grant bilang untuk 'sedikit menaruh hormat' pada raptor, sedang di Jurassic World pula, karakter Pratt mengatakan hubungannya dengan raptor 'didasari oleh rasa hormat.'"

Whit Hertford, dulu dan kini.

Jadi teori itu mengandaikan, bocah itu pada akhirnya tumbuh jadi pawang raptor. Dan sekarang kita bertemu lagi dengannya di seri terbaru.

Seolah mendukung teori itu pula, umur asli si bocah di Jurassic Park dengan Chris Pratt juga hanya selisih setahun. Bocah itu dimainkan oleh Whit Hertford, kini 36 tahun, sedang Pratt berusia 35 tahun.

Di Jurassic Park pula, Grant mengatakan tentang pola serangan raptor pada si bocah. Katanya, raptor suka menyerang dari sisi. Nah, di Jurassic World, Chris Pratt hapal pola serangan raptor dan menjaga kedua sisi kanan-kirinya saat hendak diserang raptor.

Teori ini rupanya juga sudah sampai ke telinga sang sutradara Colin Trevorrow. Ia menolak menjawab saat teori tentang karakter Owen ini pada laman /Film. "Saya tak yakin mau menjawabnya, karena spekulasi itu asyik. Sebaiknya kita tak usah membunuh keasyikan orang (berteori)," katanya.

Chris Pratt dan Raptor dalam Jurassic World.

Kendati begitu, ada yang tak suka dengan teori soal Owen itu. Yang tak suka tak lain pemeran asli bocah di Jurassic Park, Whit Hertford. "Saya rasa teori itu berlebihan. Saya tak tumbuh jadi seorang idola berambut pirang (seperti Chris Pratt). Saya belum mati juga, kok. Belum pensiun (jadi aktor). Saya bersedia main lagi jadi karakter itu jika diminta," katanya. Dari perkataannya, ia menolak bocah gemuk dulu itu jadi tokoh setampan wajah Chris Pratt kini.

Ia malah punya ide gila soal karakter yang dimainkannya dulu: "Bunuh saja dia! Bunuh dia karena semua orang toh benci dia. Saya rasa itu ide paling hebat di dunia." Hm, apa kita akan melihat hal itu di sekuel Jurassic World? Kita lihat saja. (Ade/Rul)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya