Penawaran Saham Perdana Agensi BTS Kumpulkan Deposit Lebih dari Rp 740 Triliun

Besar deposit IPO yang dikumpulkan agensi BTS hampir menyentuh rekor yang dibukukan oleh Kakao Games Corporation.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 07 Okt 2020, 19:30 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2020, 19:30 WIB
BTS di Sidang PBB
Besar deposit IPO yang dikumpulkan agensi BTS hampir menyentuh rekor yang dibukukan oleh Kakao Games Corporation. (AP/Craig Ruttle)

Liputan6.com, Seoul - BTS dan agensinya, Big Hit Entertainment, sama-sama memiliki daya guncang yang menarik perhatian publik. BTS mengguncang jagat musik, sementara agensinya di dunia bisnis.

Penawaran saham perdana atau IPO Big Hit Entertainment untuk investor retail yang dibuka pada Senin dan Selasa (5 serta 6 Oktober 2020), berhasil mengoleksi deposit dalam jumlah besar. 

Dilansir dari Soompi, Rabu (7/10/2020), dalam penutupan penawaran investor retail dalam IPO, agensi BTS dan TXT ini mengumpulkan deposit sebesar 58,4 triliun won.

Bila dikonversikan dengan kurs hari ini (1 won = 12,7 rupiah), angkanya sekitar 743 triliun rupiah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kedua Setelah Kakao Games

Logo Big Hit Entertainment (foto via Soompi)
Logo Big Hit Entertainment (foto via Soompi)

Besar deposit IPO Big Hit Entertainment hampir menyentuh rekor yang dibukukan oleh Kakao Games Corporation sebelumnya, yakni sebesar 58,5 triliun won.

Namun Big Hit mengungguli SK Biopharmaceuticals, yang mengumpulkan 31 triliun won.

Patut dicatat, angka deposit IPO Big Hit pada hari pertama "hanya" mencapai 8,6 triliun won, yang berarti investor berduyun-duyun memasukkan deposit pada hari kedua.


Akan Tercatat di KOSPI

Saham
Ilustrasi Saham Credit: unsplash.com/Austin

Tercatat bahwa rasio persaingan rata-rata IPO Big Hit adalah 606,97 berbanding 1. Angkanya memang lebih kecil dari Kakao Games Corpororation, yang mencapai 1.524,85: 1.

Hal ini disebabkan tingginya harga penawaran perdana Big Hit yang mencapai 135 ribu won atau sekitar 1,7 juta rupiah.

Setelah IPO dituntaskan, Big Hit Entertainment akan tercatat dalam Korea Composite Stock Price Index (KOSPI) pada 15 Oktober mendatang.


Porsi Investor Retail dan Institusi

Diwartakan Korea JoongAng Daily, penawaran untuk investor retail, besarnya 20 persen dari IPO.

Sementara itu penawaran saham untuk investor institusional dilakukan minggu lalu, dengan porsi 60 persen dari IPO dan tercatat oversubscribed 1,117 kali.


Mengembangkan Bisnis

Big Hit menyebutkan dana IPO ini akan digunakan untuk keperluan bisnis pada masa mendatang dan meningkatkan fasilitas di kantor utama mereka yang terletak di Yongsan, Seoul.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya