Cerita Pekan Ini: 1000 Wajah Reza Rahadian di Layar Lebar, dari Bossman yang Buncit hingga Si Kribo Rosid

Reza Rahadian bertransformasi dalam sejumlah peran yang ia mainkan.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 06 Mei 2021, 21:00 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2021, 21:00 WIB
Reza Rahadian dalam My Stupid Boss. (Falcon via Instagram/ https://www.instagram.com/p/Bp6EvrvA-7K/?hl=en)
Reza Rahadian bertransformasi dalam sejumlah peran yang ia mainkan. (Falcon via Instagram/ https://www.instagram.com/p/Bp6EvrvA-7K/?hl=en)

Liputan6.com, Jakarta Film Surga yang Tak Dirindukan 3 dengan Reza Rahadian sebagai salah satu bintangnya, kini telah ditayangkan. Dalam film ini, aktor 34 tahun tersebut kebagian peran sebagai Ray Sastrowardoyo, pria yang mengaku sebagai ayah dari Akbar, anak kandung Meirose (Marsha Timothy).

Soal akting, peraih tiga Piala Citra untuk Aktor Utama Pria Terbaik ini sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Namun hal lain yang menarik, ia tampil sedikit beda dalam film ini. Rambutnya agak gondrong dan berantakan.

Rez Rahadian dalam Surga yang Tak Dirindukan 3. (MD Pictures via Instagram/ https://www.instagram.com/p/CNADswPLZrJ/)
Rez Rahadian dalam Surga yang Tak Dirindukan 3. (MD Pictures via Instagram/ https://www.instagram.com/p/CNADswPLZrJ/)

Sebenarnya bukan di sini saja Reza mengubah penampilan untuk mendukung aktingnya. Semua penampilan ini, tentu harus ia hayati hingga terlihat sebagai bagian tubuh yang alami dari tokoh yang diperankannya, bukan sekadar tempelan belaka.

Dalam My Stupid Boss (2016) misalnya, ia jadi Bossman yang berperut buncit dan kepalanya mulai botak.

Reza Rahadian
Reza Rahadian dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (Yayasan Keluarga Besar HOS Tjokroaminoto dengan rumah produksi Pic[k]lock Films dan MHS Films)

Auranya berbeda jauh saat tampil sebagai H.O.S. Tjokroaminoto di film garapan Garin Nugroho, Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015). Ia tampil gagah dengan kumis yang melintang dan baju beskap. 

Adegan film Abracadabra. (Foto: Dok. FourColourFilms)
Adegan film Abracadabra. (Foto: Dok. FourColourFilms)

Salah satu bagian tubuh yang paling sering diotak-atik, adalah rambut. Di Abracadabra (2020), rambut Reza di-bleaching dan dicat pirang untuk menghidupkan dunia imajinatif Lukman si pesulap. 

Salah satu adegan film Toko Barang Mantan.
Salah satu adegan film Toko Barang Mantan. (MNC Pictures)

Di film Toko Barang Mantan (2020), ia menjadi si gondrong Tristan yang mendirikan tempat melego barang-barang dari si dia yang dulu pernah dekat di hati. 

Perjalanan Karir dan Rahasia Sukses Reza Rahadian di Dunia Akting
Reza berperan sebagai Rosid di 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta. ( Mizan Productions)

Sementara dalam 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta (2010), ia memerankan Rosid, perjaka berambut kribo yang berprofesi sebagai wartawan paruh waktu dan terobsesi jadi penyair. Rambut kribonya membuat Rosid tak bisa pakai peci, sehingga sang ayah kesal, karena penutup kepala ini dianggap lambang kesalehan.

Pendekar Tongkat Emas
Pendekar Tongkat Emas (Miles Films)

Berbeda lagi dengan di Pendekar Tongkat Emas (2014). Di sini ia tak hanya ditantang menjadi seorang pendekat silat, tapi juga menghayati tokoh antagonis, Biru. 

Reza Rahadian dan BJ Habibie. (MD Pictures via Instagram/ habibieainunmovie -https://www.instagram.com/p/B6XAi8VlRhx/ )
Reza Rahadian dan BJ Habibie. (MD Pictures via Instagram/ habibieainunmovie -https://www.instagram.com/p/B6XAi8VlRhx/ )

Bisa dibilang, salah satu transformasi yang paling drastis adalah di Habibie & Ainun 3 (2019). Berbeda dari film pendahulunya, Reza Rahadian kini harus mengenakan makeup prosthetic, untuk membuatnya berubah menjadi Habibie di usia tua.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya