5 Pengakuan James Franco soal Skandal Tiduri Murid, Pelecehan, hingga Tukang Selingkuh

Pada Januari 2018, lima wanita menuduh James Franco telah berlaku tak senonoh. Dua orang kemudian mengajukan gugatan.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 24 Des 2021, 13:40 WIB
Diterbitkan 24 Des 2021, 13:40 WIB
[Bintang] James Franco
Pada Januari 2018 silam lima wanita menuduh James Franco telah berlaku tak senonoh. Dua orang kemudian mengajukan gugatan. (DIMITRIOS KAMBOURIS / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Liputan6.com, Jakarta James Franco mendadak jadi pusat perhatian lagi, setelah hadir dalam "The Jess Cagle Podcast" dari Sirius XM. Ia buka suara soal skandal yang menjeratnya sejak hampir empat tahun lalu, yakni tuduhan bahwa ia melakukan pelecehan seksual.

Seperti diketahui, pada Januari 2018 silam lima wanita menuduh James Franco telah berlaku tak senonoh. Empat dari lima wanita ini, adalah muridnya di sekolah akting yang ia dirikan, Playhouse West Studio 4. Sekolah tersebut kini sudah tutup.

Tahun 2019, dua mantan siswinya mengajukan gugatan pelecehan seksual, eksploitasi, dan pemaksaan. Juni lalu, terkuak bahwa sang aktor setuju membayar ganti rugi sebesar US$ 2,2 juta atas permasalahan ini.

Dalam wawancara di siniar tersebut, sang bintang film Spider-Man versi Tobey Maguire ini mengungkap sejumlah pengakuan mencengangkan. Simak lima di antaranya:

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Tiduri Siswi

James Franco di SAG Awards
Aktor James Franco menghadiri acara penghargaan Screen Actors Guild (SAG) Awards di Los Angeles, Minggu (21/1). Ini adalah penampilan publik pertama Franco setelah tuduhan perilaku seksual yang dilayangkan padanya. (Christopher Polk/Getty Images/AFP)

James Franco mengaku bahwa ia melakukan hubungan intim dengan sejumlah siswi di sekolahnya.

"Begini, aku mengakui pernah tidur dengan murid-muridku. Aku enggak tidur dengan siapa pun di kelas [yang dituduhkan kepadanya]. Tapi selama mengajar, aku memang tidur dengan sejumlah murid, dan ini adalah hal yang salah," kata dia, diwartakan E! News.


2. Pikir Suka Sama Suka

James Franco di SAG Awards
Aktor James Franco menghadiri acara penghargaan Screen Actors Guild (SAG) Awards di Los Angeles, Minggu (21/1). Padahal belakangan ini Franco memilih ‘bersembunyi’ setelah mendapat kecaman atas pelecehan seksual. (Christopher Polk/Getty Images/AFP)

People menulis bahwa wanita yang melempar tudingan kepada James Franco menyebut sang aktor memanfaatkan kekuasaan dan mengeksploitasi mereka dengan kedok akan menawarkan kesempatan di dunia hiburan. Tapi menurut James Franco, yang ia lakukan adalah hubungan konsensual.

"Tapi ya, ada beberapa hal di mana aku melakukan hal konsensual dengan murid, yang tak seharusnya kulakukan. Saat itu aku berpikir, kalau suka sama suka, maka tak apa-apa," ia melanjutkan.

 


3. Ajar Kelas

James Franco di SAG Awards
James Franco menghadiri Screen Actors Guild (SAG) Awards di Los Angeles, Minggu (21/1). Sebelumnya Franco mengatakan punya versi sendiri atas apa yang terjadi terkait pelecehan seksual yang dilayangkan terhadap dirinya. (Christopher Polk/Getty Images/AFP)

Perilaku James Franco yang dipermasalahkan disebut terjadi saat kelas berlangsung. Ia mengajar kelas bertajuk "Sex Scenes", dan dituduh memilih-milih murid yang ikut di dalamnya.

Ia juga dituding mendorong murid untuk lewat batasan, seperti melepas plastik pelindung yang menutupi bagian intim para wanita ini dan memeragakan aktivitas seksual.

James Franco membantah ia memilih-milih murid untuk masuk kelas ini, atau mengajarkan soal bagaimana melakukan adegan intim. Ia menyesal memilik judul "Sex Scenes" untuk kelas ini.

"Ini adalah kelas di mana mereka melakukan adegan mengenai romansa apa pun itu, di mana mereka berperan sebagai pasangan muda. Jadi seperti bertemu lewat aplikasi, kencan yang gagal, semacam ini," James Franco membeberkan.

 


4. Kecanduan Seks

Salah satu pengakuan besarnya, menyatakan bahwa ia kecanduan seks, tapi kini ia menyebut sudah pulih. James Franco memulai pengakuannya dengan menceritakan bahwa ia dulunya juga pernah menjalani rehabilitasi kecanduan alkohol.

"Karena itu, aku menggunakan latar belakang pemulihanku itu dan mulai memeriksa hal ini, dan mengubah siapa diriku," nomine Oscar Pemeran Utama Pria Terbaik lewat film 127 Hours mengakui.

 


5. Tukang Selingkuh

Sejak 2017, James Franco menjalin hubungan asmara dengan Isabel Pakzad, dan hubungan mereka masih awet hingga kini. Sang aktor mengaku sebelum berpacaran dengan sang kekasih, ia selalu berselingkuh.

James Franco menyebut dulu ia tak bisa setia dan buta terhadap perasaan orang lain.

"Dengan orang yang menjalin hubungan denganku atau kukencani, aku selalu menjalin hubungan itu dalam waktu lama, bahkan tahunan. Hanya saja aku tak bisa hadir untuk mereka. Dan perilaku ini berujung pada titik di mana aku melukai semua orang," pungkas bintang film The Disaster Artist.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya