Komnas Perlindungan Anak Nilai Lesti Kejora Eksploitasi Anak, Jadikan Baby L sebagai Alasan untuk Cabut Laporan KDRT

Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait menyebut bahwa pihaknya kecewa dengan langkah yang diambil oleh Lesti Kejora mencabut laporan terhadap Rizky Billar.

oleh Surya Hadiansyah diperbarui 18 Okt 2022, 20:23 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2022, 19:00 WIB
Lesti Kejora mengenakan Surin (Instagram/surin.id)
Lesti Kejora mengenakan Surin (Instagram/surin.id)

Liputan6.com, Jakarta Keputusan Lesti Kejora yang mencabut laporan terhadap dugaan KDRT yang dilakukan suaminya, Rizky Billar, masih menyisakan perdebatan.

Sebagian tetap mendukung langkah Lesti yang memaafkan dan memberikan kesempatan kedua untuk Rizky Billar.Namun sebagian besar lainnya justru kecewa dan menyayangkan hal tersebut.

Hal itu juga yang disampaikan oleh Komnas Perlindungan Anak. Melalui ketuanya, Arist Merdeka Sirait, pihaknya kecewa dengan langkah yang diambil oleh Lesti Kejora. Apalagi, Lesti Kejora menjadikan anaknya sebagai alasan untuk mencabut laporan terhadap Rizky Billar.

"Bagi Komnas Perlindungan Anak sangat kecewa, karena apa, ternyata alasan Lesti Kejora itu demi kepentingan terbaik anak, itu tidak dibenarkan oleh Komnas Perlindungan Anak," kata Arist Merdeka Sirait, dilansir dari tayangan Hot Shot Special, SCTV, pada Senin (17/10/2022).

"Karena alasan yang digunakan adalah anak membutuhkan bapaknya. Semua anak membutuhkan seorang ayah," Arist menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Eksploitasi Anak

Rizky Billar dan Lesti Kejora. (Foto: Dok. Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar dan Lesti Kejora. (Foto: Dok. Instagram @rizkybillar)

Malahan langkah yang diambil Lesti Kejora itu bisa mengarah kepada eksploitasi anak. "Tapi tidak itu dipakai sebagai alasan (untuk maafkan pelaku KDRT)," Arist menegaskan.

"Itu artinya Komnas Perlindungan Anak menilai Lesti Kejora mengeksploitasi anaknya hanya karena ketakutan kehilangan suami. Paling tidak jangan libatkan sejak awal anaknya itu, anaknya kan masih belum genap satu tahun," ujar Arist Merdeka Sirait.

 


Pembohongan Publik

Lesti Kejora. (Foto: Dok. Instagram @lestykejora)
Lesti Kejora. (Foto: Dok. Instagram @lestykejora)

Tak hanya itu saja, Arist Merdeka Sirait juga menuding Lesti Kejora dan Rizky Billar sama saja seperti melakukan pembohongan publik. Pasalnya, selama ini mereka dikenal sebagai pasangan yang begitu harmonis dari apa yang ditampakkan ke media.

"Lesti Kejora dan Rizky Billar melakukan pembohongan publik, karena selama sebelum kejadian KDRT mereka mempertontonkan kepada publik, adalah keluarga yang tidak mungkin melakukan KDRT, karena selalu mempertontonkan kepada publik bahwa ini adalah keluarga yang tidak ada kurangnya," ujar Arist.

 


Alasan Lesti Kejora

Komnas Perlindungan Anak Nilai Lesti Kejora Ekploitasi Anak, Jadikan Baby L sebagai Alasan untuk Cabut Laporan KDRT
Komnas Perlindungan Anak Nilai Lesti Kejora Ekploitasi Anak, Jadikan Baby L sebagai Alasan untuk Cabut Laporan KDRT. (YouTube SCTV).

Sebelumnya, diketahui bahwa Lesti Kejora memang mengakui alasannya mencabut laporan terhadap Rizky Billar adalah semata hanya karena anaknya, Muhammad Leslar Al Fatih Billar. Lesti menyebut bahwa walau bagaimanapun, Rizky Billar adalah ayah dari anaknya

"Alasannya, anak saya, karena mau bagaimanapun suami saya bapak dari anak saya, dan beliau juga Alhamdulillah di udah mengakui perbuatannya dan meminta maaf kepada saya dan keluarga khususnya ayah saya," kata Lesti Kejora beberapa waktu lalu.

Infografis Journal
Infografis Journal Fakta terkait KDRT di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya