Yoo Ah In Tampil di Publik dengan Wajah Lesu, Jalani Pemeriksaan Kasus Dugaan Penyalahgunaan Narkoba

Yoo Ah In menjalani pemeriksaan di Unit Investigasi Kejahatan Narkoba Kepolisian Metropolitan Seoul pada Senin (27/3/2023).

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 27 Mar 2023, 17:20 WIB
Diterbitkan 27 Mar 2023, 17:20 WIB
Yoo Ah In dalam Chicago Typewriter. (tvN via Soompi)
Yoo Ah In dalam Chicago Typewriter. (tvN via Soompi)

Liputan6.com, Jakarta - Yoo Ah In memenuhi panggilan penyidik terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Ia menjalani pemeriksaan di Unit Investigasi Kejahatan Narkoba Kepolisian Metropolitan Seoul pada Senin (27/3/2023).

Ini merupakan kemunculan publik pertama bagi Yoo Ah In setelah kasus kriminalnya bergulir sejak 50 hari yang lalu. Kedatangan sang aktor ke kantor polisi direkam oleh media Dispatch.

Dengan wajah lesu, bintang film Alive ini datang mengenakan kaus putih dilapisi blazer hitam. Ia tak mengucapkan sepatah kata pun kepada awak media.

Dikutip dari Koreaboo, polisi telah menyita dua ponsel milik Yoo Ah In untuk menganalisis percakapan sang aktor dalam kurun waktu tahunan. Menurut laporan tim digital forensik, polisi memiliki catatan hingga 10 ribu halaman.

Meski penyalahgunaan propofol dapat dengan mudah dibuktikan, pengadilan membutuhkan bukti khusus untuk mendakwanya dengan penggunaan narkoba lain secara pidana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penangkapan Yoo Ah In pada 5 Februari di Bandara Incheon

Yoo Ah In
Yoo Ah In (Foto: Dispatch via Koreaboo)

Diberitakan sebelumnya, polisi telah menerima permintaan penyelidikan dari administrasi Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-obatan. Yoo Ah In ditahan, digeledah, serta ditangkap di bandara Incehon setibanya dari Los Angeles, AS, pada 5 Februari 2023.

Pada hari yang sama, Yoo Ah In menjalani tes urine dan tes rambut di National Institute of Scientific Investigation (NFS). Dari hasil pemeriksaan, akhirnya diketahui bahwa aktor berusia 36 tahun ini positif menggunakan ganja dan propofol.


Yoo Ah In Juga Positif Kokain dan Ketamin

Selain itu, Yoo Ah In juga dipastikan positif mengonsumsi dua jenis obat terlarang lainnya yaitu kokain dan ketamin. Untuk ketamin sendiri, pihaknya menjelaskan bahwa itu digunakan untuk anestesi tidur dan keperluan medis.

Kasus hukum ini berdampak buruk bagi karier sang aktor. Tanggal rilis untuk proyek terbaru yang dibintangi Yoo Ah In yang berjudul The Match dan Goodbye Earth akan ditunda. Kedua proyek ini diketahui sudah selesai syuting.


Nasib Penayangan The Match dan Goodbye Earth

"Setelah berdiskusi dengan tim produksi, kami telah memutuskan untuk menunda sementara perilisan Goodbye Earth. Kami akan menginformasikan lagi jadwal rilis spesifik setelah dikonfirmasi," kata pihak Netflix dikutip dari Soompi.

Pihak produksi juga telah berdiskusi terkait nasib penayangan film The Match. "Kami telah memutuskan untuk menunda perilisan untuk sementara," ujar pihak tim produksi.

Infografis Jurus Ketum PSSI Persiapkan Piala Dunia U-20 2021
Infografis Jurus Ketum PSSI Persiapkan Piala Dunia U-20 2021. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya