Sebelum Ibu Ida Dayak, Deretan Praktisi Pengobatan Alternatif Ini Juga Sempat Hebohkan Masyarakat Tanah Air

Nama-nama praktisi pengobatan alternatif yang sempat menjadi viral sebelum kehadiran Ibu Ida Dayak memang masih bisa dihitung dengan jari, berikut deretannya.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 10 Apr 2023, 15:59 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2023, 15:59 WIB
5 Fakta Ibu Ida Dayak, Viral Karena Pengobatan Alternatif Hingga Bikin Macet Jalan
Pengobatan Ibu Ida Dayak. (Sumber: Instagram/ibu_ida_dayak)

Liputan6.com, Jakarta Ibu Ida Dayak diklaim oleh banyak orang sebagai salah satu praktisi pengobatan tradisional yang ampuh. Hingga kini, nama dan sosok Ibu Ida Dayak hampir selalu menjadi perbincangan di dunia maya termasuk media sosial.

Sebenarnya, pengobatan seperti Ibu Ida Dayak yang dilakukan dengan cara memijat bagian tubuh tertentu misalnya tulang bengkok yang lurus kembali, bukanlah yang pertama kali. Praktek-praktek pengobatan alternatif lainnya, termasuk Haji Naim, sudah diklaim banyak orang berhasil menyembuhkan pasien-pasiennya dengan metode pemulihan tulang.

Namun begitu, untuk nama-nama praktisi pengobatan tradisional yang sempat menjadi viral seperti Ibu Ida Dayak, masih bisa dihitung dengan jari. Beberapa nama itu sempat menghebohkan masyarakat beberapa tahun lalu dan mungkin masih akrab di telinga.

Bahkan, nama-nama ini memiliki ciri khas unik dan menarik selama mereka menjadi perbincangan masyarakat. Misalnya saja ada sosok yang masih anak-anak pada saat viral, atau juga yang menjadi langganan artis, serta yang mengundang kontroversi.

Siapa saja para praktisi pengobatan tradisional lainnya yang sudah pernah viral sebelumnya seperti Ibu Ida Dayak? Berikut deretannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Ponari Menyiram Pasien dengan Air yang Dicelupkan Sebuah Batu

6 Momen Mesra Ponari Bareng Calon Istri Setelah Tunangan, Semakin Kompak
6 Momen Mesra Ponari Bareng Calon Istri Setelah Tunangan, Semakin Kompak (sumber: Facebook Aminatuz Zuroh)

Ponari sempat menjadi viral di Tanah Air pada 2009 silam. Sosoknya kala itu dikenal sebagai bocah yang memiliki kemampuan pengobatan alternatif dan sanggup mengobati segala macam penyakit.

Dalam prakteknya, Ponari menggunakan sebuah batu yang dicelupkan ke dalam air, kemudian air yang telah dicelupkan batu itu dibasuh ke arah pasiennya.

Meskipun kebenaran praktek Ponari sempat menjadi perdebatan, kini sang dukun cilik tumbuh dewasa dan telah menikah. Bahkan ia sudah menjadi seorang ayah.


2. Mendiang Umi Zubaidah Jadi Langganan Artis dengan Metode Telur

[Bintang] Umi Zubaidah
Umi Zubaidah (Instagram umi Zubaidah/lambeturah)

Mendiang Umi Zubaidah juga sempat menjadi perbincangan pada dekade lalu lantaran almarhumah sempat mengobati mendiang presenter Olga Syahputra.

Umi Zubaidah menggunakan metode telur sebagai perantara pengobatan alternatifnya. Setelah Umi Zubaidah dikabarkan meninggal dunia pada 2018, tak ada yang melanjutkan prakteknya itu.


3. Ningsih Tinampi Sempat Mengundang Kontroversi

Ningsih Tinampi
Praktisi pengobatan alternatif Ningsih Tinampi. (YouTube Ningsih Tinampi)

Ningsih Tinampi juga merupakan salah satu praktisi pengobatan alternatif yang sempat menghebohkan masyarakat. pada  dekade lalu, ia mengunggah banyak video berisi praktek-prakteknya di kanal YouTube miliknya.

Melihat video-videonya, Ningsih Tinampi kerap melakukan gerakan-gerakan teatrikal yang menjadi salah satu daya tariknya selama ia mengklaim sedang mengeluarkan penyakit dari tubuh pasiennya.

Sayangnya, praktek Ningsih Tinampi sempat diwarnai kontroversi lantaran ia mengklaim bisa melihat malaikat serta mendatangkan sosok nabi.

Akibatnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sempat menegur Ningsih Tinampi. Bahkan, pengobatan Ningsih Tinampi sempat menjadi sorotan Pemda Pasuruan, Jawa Timur pada 2020 lalu.


4. Jeng Ana Jadi Andalan Para Artis yang Percaya Pengobatan Alternatif

Jeng Ana
Jeng Ana (via Rizky Aditya Saputra)

Sosok Jeng Ana sebagai pakar pengobatan alternatif sempat menjadi viral pada 2017 lalu karena gencar mempromosikan obat-obatan herbalnya.

Lantaran terlalu gencar, Jeng Ana sempat membuat Kementerian Kesehatan RI bersama Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Selatan menginspeksi rumahnya.

Setelah inspeksi tersebut, Jeng Ana masih praktek dengan mengikuti aturan yang berlaku. Sebelumnya, Jeng Ana dikenal sebagai sosok yang ikut mengobati penyakit almarhum Olga Syahputra.

Jeng Ana telah memiliki beberapa cabang praktik herbal, mulai dari di Jabodetabek, hingga ke Jawa Timur, Bali, hingga Kalimantan.

Infografis 69 Obat Sirup Dicabut Izin Edarnya (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 69 Obat Sirup Dicabut Izin Edarnya (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya