Usai War Tiket Konser Coldplay, 5 Hal Ini Jadi Sorotan di Tanah Air: Mahar Nikah hingga Giveaway Puteri Indonesia Intelegensia 2019

Terdapat sederetan hal tak terduga yang menjadi sorotan, pasca-war tiket konser Coldplay di Jakarta yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 15 November 2023 mendatang.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 23 Mei 2023, 22:06 WIB
Diterbitkan 23 Mei 2023, 22:02 WIB
Penampilan Coldplay Berhasil Pukau Penggermar di Prancis
Aksi panggung Chris Martin yang melompat saat tampil di The Stade de France Arena di Saint Denis, Paris, Prancis (15/7). (AFP Photo/Geoffroy Van Der Hasselt)

Liputan6.com, Jakarta Perang berebut tiket alias war tiket konser Coldplay yang akan digelar di Jakarta pada 15 November 2023, sempat menjadi sorotan tersendiri. Banyak sudah luapan kekecewaan fans Coldplay yang tak kebagian tiket menonton idola mereka. Fans yang sukses juga ada yang meluapkan kegembiraan.

Namun di sisi lain, cukup banyak deretan hal mengejutkan yang tak kalah hebohnya pasca-war tiket konser Coldplay. Mulai dari kejutan di pernikahan, korban penipuan, hingga beberapa figur publik yang melakukan hal tak terduga.

Sejumlah isu menarik hingga yang menyesakkan dada tersebut, sempat menjadi perbincangan masyarakat terutama fans Coldplay di Tanah Air. Bahkan, hal yang berkaitan dengan penipuan masih dalam penanganan pihak yang berwajib hingga hari ini.

Apa sajakah sederetan hal tak terduga yang menghiasi pasca-war tiket konser Coldplay di Jakarta, yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno nanti? Berikut selengkapnya.


1. Pernikahan Menggunakan Mahar Tiket Coldplay

Momen ijab kabul saat seorang pengantin pria menikahi pasangannya dengan mahar tiket konser Coldplay.
Momen ijab kabul saat seorang pengantin pria menikahi pasangannya dengan mahar tiket konser Coldplay. (Foto: https://twitter.com/orangdalamkamu/status/1660260986606206977)

Penjualan tiket konser Coldplay telah dijual Rabu (17/05/2023) untuk pre-sale dan sesi general sale pada Jumat (19/05/2023) pekan lalu. Selang beberapa hari kemudian, beredar video viral berupa pernikahan yang menunjukkan pengantin pria menggunakan mahar tiket konser Coldplay.

Video unik ini diunggah oleh akun @orangdalamkamu, "Saudara gua nikah pke maharnya tiket coldplay 🤣🤣, nikahnya di support chris martin," cuitnya hari Minggu (21/05/2023).

Terlihat seorang pengantin pria mengenakan baju adat berwarna putih saat proses ijab kabul berlangsung. Tentu saja yang bikin salah fokus adalah percakapan antara wali nikah dan mempelai pria.

"Saya nikahkan dan saya kawinkan anak kandung saya Anastasya Ayu Widiadana kepada engkau dengan mas kawin logam mulia 21 gram, seperangkat alat salat dan tiket Coldplay dibayar tunai," ujar sang wali nikah dalam video itu.

Mempelai laki-laki pun langsung menjawab dengan lantang, "Saya terima terima nikahnya dan kawinnya Anastasya Ayu Widiadana binti Ahmad dengan mas kawinnya tersebut tunai," kata mempelai laki-laki.


2. Personel Coldplay Ngobrol dengan Figur Publik Tanah Air

Obrolan Najwa Shihab dan Chris Martin. (Foto: Dok. Instagram @najwashihab)
Obrolan Najwa Shihab dan Chris Martin. (Foto: Dok. Instagram @najwashihab)

Pekan lalu, fans Coldplay juga dibuat heboh dengan munculnya video wawancara Chris Martin, sang vokalis Coldplay, dengan presenter ternama Najwa Shihab. Pada momen ini, Chris mengaku mengingat sosok Najwa Shihab. Keduanya mengobrol akrab meskipun Najwa mengaku gugup.

Najwa dan timnya juga sempat menyanyikan lagu Coldplay berjudul "Viva La Vida" hingga membuat Chris Martin semringah dan bersemangat.

Selain Najwa Shihab, Gading Marten juga berbincang hangat dengan bassist Coldplay, Guy Berryman. Menariknya, Gading mengajak putrinya, Gempita untuk bertanya-tanya kepada Guy.

Sebelum bincang-bincang berakhir, Gempita dan Gading menyanyikan lagu Coldplay berjudul "Yellow" di hadapan Guy Berryman.

 

 


3. Menteri Turun Tangan Menangani Pihak yang Kontra Terhadap Coldplay

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno hadir di perayaan Lebaran Betawi 2023 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (21/5/2023).
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno hadir di perayaan Lebaran Betawi 2023 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (21/5/2023). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Isu yang tergolong serius dan sensitif juga sempat mewarnai beberapa bulan jelang Coldplay datang ke Jakarta. Sejumlah pihak memboikot kedatangan band asal Inggris itu karena dianggap bertentangan dengan nilai agama dan Pancasila.

Buntut dari kontra tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan, pihaknya akan berkomunikasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyikapi adanya upaya penolakan terhadap konser grup musik Coldplay.

"Kami buka komunikasi, kami ingin mendengar masukan dan saran, karena para ulama ini bagian kita memastikan konser ini ada di koridor hukum," kata Sandiaga, Senin 22 Mei 2023, dikutip dari Antara.

Menparekraf menambahkan jalinan komunikasi itu juga diharapkan tetap mewadahi semangat menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata dunia maupun produk ekonomi kreatif dunia.

"Ini harus disiapkan baik, semua saran masukan ditampung," katanya.


4. Penipuan Jasa Titip Konser Coldplay Makan Banyak Korban

War Tiket Konser Coldplay
Loket.com Sebut Ada 1,5 Juta Orang Ikutan War Tiket Konser Coldplay dalam Sehari. (Liputan6.com/ Yuslianson)

War tiket konser Coldplay ternyata memakan korban yang tak sedikit. Salah satu warganet menceritakan bagaimana ia bisa kena tipu jastip tiket konser hingga Rp12 juta. "Gua ketipu Rp12 juta gara-gara jastip tiket Coldplay," sebutnya di awal video unggahan akun TikTok bernama Nicho Saputro Nugraha, dikutip Kamis (18/5/2023). 

Tujuan dirinya membuat video tentang tertipu jastip tiket konser Coldplay di Jakarta adalah agar tidak ada korban lagi. Kedua, dia berharap dengan kekuatan media sosial, kasus tersebut bisa terangkat ke publik. "Gua yakin bukan cuma gua korbannya," sambungnya.

Tak lama setelah curhatan netizen tersebut, sejumlah korban penipuan tiket konser Coldplay, melapor ke Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. Belasan orang yang membuat aduan secara kolektif itu mengalami total kerugian hingga Rp30 juta.

Kuasa Hukum Korban, Muhamad Zainul Arifin menyampaikan, para kliennya mengalami penipuan transaksi tiket nonton konser Coldplay lewat media sosial.

Tak tinggal diam, Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri melakukan penyelidikan untuk mendalami dugaan penipuan pada penjualan tiket konser Coldplay tersebut.

"Kami sedang melakukan penyelidikan untuk mendalami dugaan penipuan yang terjadi," ujar Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol Adi Vivid A Bactiar, Kamis 18 Mei 2023, seperti dilansir Antara.


5. Puteri Indonesia Intelegensia Mengaku Jadi Calo Tiket Coldplay

Tiket Konser Coldplay di Jakarta
Puteri Indonesia Intelegensia 2019 Lycie Joanna blak-blakan jadi calo tiket konser Coldplay di Jakarta. (dok. Instagram @lyciejo/https://www.instagram.com/p/BwB5f-ABiF2/)

Di tengah imbauan untuk tidak membeli tiket dari calo, nama Puteri Indonesia Intelegensia 2019 Lycie Joanna terseret ke dalam isu tersebut. Melalui unggahan di media sosialnya, Lycie blak-blakan sempat menjadi calo tiket konser Coldplay di Jakarta. Ia bahkan mengaku punya 100 tiket konser Coldplay di Indonesia dari orang dalam.

Setelah promosinya itu menjadi viral, ia pun mengunggah klarifikasi di Instagram Story-nya, Senin malam, 22 Mei 2023.

"Halo semuanya, selamat malam. Saya ingin meluruskan, juga ingin klarifikasi terkait video saya yang beredar kemarin dan hari ini bahwa tidak ada niatan saya untuk memonopoli. Juga, terkait orang dalam yang saya maksud di sini adalah beberapa kerabat dan keluarga terdekat saya yang memenangkan tiket war Coldplay saat presale dan public (on-)sale," ujarnya.

"Jadi, niatan saya hanya untuk membantu memasarkan dengan sistem sharing profit. Jadi sekali lagi, saya minta maaf atas kesalahpahamannya. Terima kasih," tutupnya.

Pada unggahan sebelumnya, Lycie diketahui menjual tiket konser Coldplay di Jakarta dua kali lebih mahal dari yang dipasarkan promotor. Sementara harga aslinya adalah Rp800 ribu hingga Rp11 juta, belum termasuk pajak dan biaya layanan. Sementara ia menjual tiket tersebut senilai Rp1,6 juta hingga Rp21 juta.

Sebelum mengunggah video klarifikasi, Lycie Joanna sempat menulis di Instagram Story-nya.

"Wkwkwk gara-gara jualan tix jadi ramai di di Twitter. Nih ya ... Hidup itu harus punya relasi, kalau nggak punya relasi yopu mau jadi apa? Dalam hidup selalu butuh calo. Sadar nggak sadar semua orang pernah jadi calo. Kalau nggak bisa punya relasi setidaknya jangan jadi haters."

Setelah jualan tiket, di rangkaian unggahan Instagram Story, Senin, 22 Mei 2023, yang sekarang sudah hilang, ia juga kedapatan menjadikan tiket konser Coldplay sebagai hadiah giveaway.

"Sesuai janji, mau kasih dua tix Coldplay CAT 8. Boleh diisi kenapa mau nonton konser Coldplay. Semoga beruntung ya teman-temen," tulisnya.

Pada unggahan berbeda, ia melanjutkan, "Tambahkan giveaway 2 tix CAT 8, masing-masing 1. No google ya! 10 lagu Coldplay yang kalian hafal. Terakhir, banyak yang request mau uang uang untuk jajan di konser Coldplay. (Rp)200 ribu cukup enggak? Yuk (Rp)200 ribu untuk lima orang ya."

Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia
Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia.  (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya