Resensi Film SAW X: Karma Yang Diterima Tim Medis Gadungan Usai Tipu Jigsaw Sang Pembunuh Berantai

Tayangnya film SAW X secara resmi di layar lebar Indonesia membuat para penikmat film horor antusias untuk menonton kelanjutan dari permainan Tobin Bell sebagai Jigsaw.

oleh Nadia Nurhaliza diperbarui 12 Okt 2023, 08:38 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2023, 08:38 WIB
SAW X (2023)
Poster film SAW X. (IMDb/SAW X)

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman tayangnya film SAW X secara resmi di layar lebar Indonesia membuat para penikmat film horor antusias untuk menonton kelanjutan dari permainan Tobin Bell sebagai Jigsaw. Film ini resmi tayang di seluruh layar lebar di Indonesia pada hari Rabu, 11 Oktober 2023.

Dalam filmnya yang ke-10, John Kramer (Tobin Bell) kembali "membantu" orang-orang untuk mengatasi hambatan batin mereka dan membuat perubahan positif dalam hidup mereka melalui permainan yang tak kenal ampun.

Film SAW X tidak hanya membawa penontonnya untuk menyaksikan bagaimana Jigsaw menghukum para pelaku kejahatan, namun juga membawa mereka ke dalam bagian kehidupan Jigsaw yang hilang.

Kevin Greutert selaku sutradara pun menemukan banyak hal yang dapat dieksplorasi dengan karakter John. Ia merasa karakter John jauh lebih kompleks daripada sekadar seorang arsitek yang membuat beberapa rangkaian permainan mematikan. Inilah resensi film SAW X.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ide Cerita Yang Berangkat Dari Permintaan Penggemar

Tobin Bell
Tobin Bell sebagai John Kramer dalam film SAW X. (IMDb/Lionsgate)

Mark Burg selaku produser film SAW X mengatakan bahwa SAW X adalah film yang menggunakan nama SAW lagi setelah beberapa tahun terakhir, membawa penonton kembali ke awal di mana mereka pertama kali jatuh cinta pada waralaba SAW.

Ide film yang dikerjakan selama hampir tujuh tahun ini datang dari penggemar yang menginginkan John Kramer menjadi kunci dari aksi dan menjadi pusat dari cerita. Mereka ingin John mengatur segala permainannya dan kemudian mengeksekusi jebakannya sendiri.


Usaha John Kramer Untuk Menyembuhkan Kanker Otak

Tobin Bell & Synnøve Macody Lund
Tobin Bell dan Synnøve Macody Lund dalam film SAW X. (IMDb/Lionsgate)

Saat kita bertemu John (Tobin Bell) di SAW X, dia sedang berada di sebuah kelompok pendukung kanker, yang anggotanya menceritakan perjuangan berat mereka melawan penyakit yang mengerikan ini.

Lalu, John bertemu dengan salah satu mantan anggota pendukung tersebut yang merinci sebuah prosedur eksperimental yang telah menyembuhkan kankernya hingga dirinya sehat dan bebas dari kanker.

John pun melakukan riset, yang membawanya ke Cecilia (Synnøve Macody Lund), putri dari Dr. Pederson yang meneruskan pekerjaan ayahnya untuk menyembuhkan penderita kanker di sebuah klinik di Kota Meksiko.


Pengobatan Yang Tak Pernah Ada

Tobin Bell
Tobin Bell sebagai John Kramer dalam film SAW X. (IMDb/Lionsgate)

Operasi John yang dilakukan oleh tim Cecilia berjalan sesuai rencana. Dirinya pun senang dengan jaminan kesembuhan total dan prognisis positif lainnya yang dilontarkan oleh Cecilia setelah pergi meninggalkan kompleks hacienda tersebut.

Beberapa hari berlalu, John kembali ke sana untuk memberikan hadiah kepada salah satu penghuni di hacienda. Namun, dirinya hanya menemukan tempat terbengkalai dengan fasilitas yang sepi.

John pun akhirnya menyadari bahwa ia telah ditipu dan dirampok dari biaya yang besar untuk melaksanakan berbagai "prosedur" eksperimental tersebut.


'Hadiah Kecil' dari John Kramer Untuk Cecilia dan Kaki Tangannya

Octavio Hinojosa
Octavio Hinojosa sebagai Mateo dalam film SAW X. (IMDb/Lionsgate)

Menyadari bahwa dirinya telah ditipu membuat John Kramer kembali bekerja sebagai malaikat pembalas dendam. Ada 7 permainan yang akan John berikan sebagai 'hadiah kecil' untuk Cecilia dan timnya.

Seperti pada film SAW sebelumnya, rangkaian permainan yang akan John berikan untuk Cecilia dan tim tentu saja tak luput dari siksaan yang menyakitkan dengan mempertaruhkan nyawa dari setiap pemain untuk memenangkan permainan tersebut.


Mengenal Sosok Jigsaw Lebih Dalam

Tobin Bell & Shawnee Smith
Tobin Bell dan Shawnee Smith dalam film SAW X. (IMDb/Lionsgate)

Jika pada film sebelumnya cerita berfokus pada permainan yang dirancang oleh Jigsaw dan hukuman untuk para penjahat, kali ini, SAW X akan lebih berfokus pada sang dalang dari permainan keji, John Kramer.

Tobin Bell yang berperan sebagai John Kramer merupakan seorang aktor veteran yang menerima kesempatan untuk mengulangi peran khasnya setelah hampir dua puluh tahun. Namun, kali ini ia tampil dengan cara yang baru dan tak terduga.

Ia membagikan sedikit informasi tentang John Kramer atau Jigsaw, di mana ia adalah seorang insinyur dan arsitek sipil yang juga ahli dalam filsafat, ilmu pengetahuan, bahkan teologi. Melalui SAW X, penonton akan diajak masuk ke dalam perjalanan emosional John Kramer melalui perjuangannya melawan kematian.


Kembalinya Amanda Dalam Film SAW X

Shawnee Smith
Shawnee Smith sebagai Amanda Young dalam film SAW X. (IMDb/Lionsgate)

Dalam film SAW X, Amanda Young (Shawnee Smith) kembali dan melanjutkan hubungannya dengan John Kramer.

Amanda yang lolos dari permainan mengerikan Jigsaw dalam film SAW II kembali diikutsertakan dalam cerita ini untuk mendalami lebih dalam tentang dirinya pada titik awal hubungannya dengan John.

 

 

Pemain: Tobin Bell, Shawnee Smith, Synnøve Macody Lund, Renata Vaca, Paulette Hernandez, Octavio Hinojosa, Joshua Okamoto

Produser: Mark BUrg, Oren Koules, Ulrich Maier, Erick Ahedo

Sutradara: Kevin Greutert

Penulis: Joah Stolberg, Pete Goldfinger

Produksi: Twisted Pictures, Lionsgate

Durasi: 1,58 menit

Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi
Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya