Kesaksian Sahabat Yudha Arfandi Usai Lihat Rekaman CCTV, Sebut Tindakan yang Wajar untuk Melatih Pernapasan Dante

Saksi sekaligus sahabat Yudha Arfandi, Karel Dominggus, menilai tidak mungkin Yudha memiliki niat jahat dengan sengaja menenggelamkan Dante.

oleh M Altaf Jauhar diperbarui 02 Sep 2024, 19:20 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 19:20 WIB
Yudha Arfandi di Sidang Kasus Kematian Dante
Yudha Arfandi di sidang kasus kematian Dante anak Tamara Tyasmara. (Dok. via M. Altaf Jauhar)

Liputan6.com, Jakarta Yudha Arfandi menghadirkan Karel Dominggus, sahabatnya, sebagai saksi di sidang lanjutan kasus kematian Dante. Karel mengaku sudah melihat rekaman CCTV, saat terdakwa mengajarkan Dante berenang.

Karel menilai, Yudha Arfandi tidak mungkin memiliki niat jahat dengan sengaja menenggelamkan Dante. Ia melihat rekaman tersebut atas kemauannya sendiri, untuk mengetahui kejadian sebenarnya.

"Karena kemauan sendiri (bukan disuruh Yudha Arfandi). Saya ingin mengetahui kejadian maka melihat CCTV,” ujar Karel dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (2/9/2024).

"Enggak sampai ke otak saya, enggak mungkin (Yudha mau menenggelamkan Dante) meskipun saya lihat (CCTV). Karena saya kenal baik sama saudara Yudha," Karel menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menilai Terdakwa Hanya Ingin Melatih Almarhum

Yudha Arfandi di Sidang Kasus Kematian Dante
Yudha Arfandi di sidang kasus kematian Dante anak Tamara Tyasmara. (Dok. via M. Altaf Jauhar)

Menurut Karel, apa yang dilakukan Yudha terhadap Dante merupakan hal wajar. Ia menilai terdakwa hanya ingin melatih almarhum.

"Saya anggap wajar. Saya jujur, Yang Mulia," kata Karel.

Hakim ketua pun menyoroti adegan saat Dante ditarik dan juga dibenamkan hingga 12 kali dengan bertanya, “Lalu yang bagian membenamkan dan membenamkan itu?”

"Ya, itu latihan pernapasan," jawab Karel.

 

 


Tak Menampik Yudha Melatih Dante Berenang dengan Sangat Keras

Yudha Arfandi di Sidang Kasus Kematian Dante
Yudha Arfandi di sidang kasus kematian Dante anak Tamara Tyasmara. (Dok. via M. Altaf Jauhar)

Karel tak menampik Yudha melatih Dante berenang dengan sangat keras. Ia mengibaratkan kerasnya Yudha melatih, seperti salah satu fragmen film Warkop DKI yang mengikuti pelatihan Satpam.

"Ini maksud Anda Yudha sama seperti pelatih Dono, melatih (renang) dengan keras? Lalu setelah menonton CCTV, Anda menilainya wajar?” tanya Immanuel.

"Ini salah satu cara latihannya Arfandi," jawab Karel.

 


Mempertanyakan Cara Yudha Melatih

Hakim ketua mempertanyakan cara Yudha melatih yang dianggap wajar, justru mengakibatkan Dante meninggal dunia. Terkait hal itu, saksi memilih tidak menjawab.

"Nah itu, saya tidak mau menjawab. Saya punya hak tidak menjawab,” ucap Karel.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya