Nobuyo Oyama Pengisi Suara Doraemon Sejak 1979 Meninggal Dunia di Usia 90, Ini Deretan Animenya yang Lain

Dikenal sebagai pengisi suara Doraemon dalam waktu yang sangat lama, tentunya Nobuyo Oyama sempat terlibat dalam judul-judul anime menarik yang lainnya.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 12 Okt 2024, 15:27 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2024, 15:00 WIB
Nobuyo Oyama, Pengisi Suara Doraemon Meninggal Dunia di Usia 90 Tahun
Nobuyo Oyama, pengisi suara Doraemon. (dok. STR / JIJI PRESS / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Pengisi suara atau dubber (seiyu, dalam bahasa Jepang) anime Doraemon yang aktif sejak awal era 1980-an, Nobuyo Yamashita, meninggal dunia pada usia 90 tahun. Nobuyo Oyama merupakan dubber yang berhasil membuat suara Doraemon terdengar ikonis.

Melansir Sponichi via Tokyo Hive, Nobuyo Oyama meninggal dunia karena usia. Pihak agensinya, Actors Seven, mengungkapkan bahwa Nobuyo Oyama sebenarnya sudah berpulang untuk selamanya pada 29 September 2024, namun baru dikabarkan sekarang.

Setelah kabar duka ini, keluarga Nobuyo Oyama telah mengadakan pemakaman yang bersifat privasi, hanya dihadiri keluarga. Sebelumnya, pada 2015, Oyama mengaku mengalami demensia sejak 2012.

Kisah Nobuyo Oyama bahkan telah dijadikan drama televisi spesial pada Desember 2015 yang berjudul Zutto Issho da yo ~Seiyuu・Oyama Nobuyo Monogatari~ ('Bersama untuk Waktu yang Lama: Kisah Pengisi Suara Nobuyo Oyama').

Dikenal sebagai pengisi suara Doraemon dalam waktu yang sangat lama, 26 tahun, yaitu sejak tahun 1979 hingga 2005, Nobuyo Oyama sempat terlibat dalam judul-judul anime menarik yang lain. Apa saja? Simak deretannya berikut ini.

 

1. Hustle Punch

Kisah Pengisi Suara Asli Doraemon Dijadikan Drama
Nobuyo Oyama, pengisi suara Doraemon di anime versi Jepang. (japancrush.com)

Hustle Punch merupakan anime zaman dulu yang mengudara sejak 1965 hingga 1966. Anime ini sempat diputar dalam format hitam putih. Kisahnya berkutat pada tiga sekawan, Punch (beruang), Touch (tikus), dan Bun (cerpelai).

Ketiganya berusaha menghentikan aksi jahat serigala yang berusaha merusak kampung halaman mereka. Nobuyo Oyama memerankan karakter utamanya, Punch.

 

2. Sazae-san

Anime Sazae-san Ditinggal Pengisi Suara yang Eksis 46 Tahun
Anime Sazae-san. (japanupdate.com)

Dalam anime Sazae-san yang mengudara sejak 1969 hingga sekarang, Nobuyo Oyama tak menyuarakan karakter Sazae Fugata, melainkan Katsuo Isono, adik laki-laki dari Sazae.

 

3. Hazedon

Nobuyo Oyama, Pengisi Suara Doraemon Meninggal Dunia di Usia 90 Tahun
Doraemon. (dok. TORU YAMANAKA / AFP)

Anime Hazedon yang mengudara pada 1972 hingga 1973, menunjuk Oyama sebagai karakter utama seekor ikan gobi bernama Hazedon. Dalam kisahnya, Hazedon berjuang agar bisa menjadi ikan terkuat di lautan sambil bertualang melihat dunia yang lebih luas lagi.

 

4. Danganronpa: The Animation

Kisah Pengisi Suara Asli Doraemon Dijadikan Drama
Anime Danganronpa. (Lerche)

Setelah sekian lama, Oyama akhirnya terlibat kembali dalam produksi anime di luar Doraemon. Dalam Danganronpa: The Animation yang mengudara sejak 2013, Oyama menyuarakan Monokuma, antagonis utama kisah ini.

Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya