ChoA Eks Crayon Pop Berjuang Lawan Kanker Serviks: Saya Ingin Jadi Ibu dan Pulih

ChoA Eks Crayon Pop didiagnosis kanker setelah memeriksakan diri ke lima rumah sakit yang berbeda.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 15 Okt 2024, 11:30 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2024, 11:30 WIB
Choa Crayon Pop akan menikah. (Happy Married Company via Soompi)
Choa Crayon Pop akan menikah. (Happy Married Company via Soompi)

Liputan6.com, Jakarta ChoA eks Crayon Pop harus menelan kabar buruk di tahun pertama pernikahannya dengan seorang pebisnis. Mei 2023, ia didiagnosis menderita penyakit kanker. Setelah itu, hidupnya tidak sama lagi.

“Di tahun pertama pernikahan saya yang penuh sukacita, saya pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan rutin kehamilan. Saat itulah saya menerima kabar mengejutkan: saya menderita kanker serviks," tulisnya di Instagram dikutip dari Allkpop, Selasa (15/10/2024). 

Diagnosis ini didapat setelah memeriksakan diri ke lima rumah sakit yang berbeda. “Untuk pertama kalinya dalam hidup, saya harus menjalani tes seperti MRI dan PET CT scan. Diagnosisnya adalah kanker stadium 1, dengan tumor sebesar 3 cm. Dokter mengatakan bahwa menjaga kesuburan saya akan sulit,” jelasnya.

Meski awalnya sedih dan amat terpuruk, namun ChoA dan suami memutuskan bangkit serta tak menyerah memperjuangkan kesembuhan. ChoA berupaya keras melakukan segala hal untuk mengecilkan tumornya.

“Saya belajar, berolahraga setiap hari, dan sepenuhnya merombak pola makan saya. Syukurlah, ketika saya menjalani operasi, tumornya jauh lebih kecil dari yang diperkirakan. Secara ajaib, saya berhasil mempertahankan kesuburan saya,” terangnya.

Kondisi Terkini

ChoA Crayon Pop Baru Lulus Kuliah Setelah Tujuh Tahun
ChoA, personel girlband Crayon Pop. (crayonpop.me)

ChoA lantas mengungkap kondisi terkininya. Proses pengobatan memiliki progres yang baik. Dalam waktu dekat, ia akan kembali menjalani operasi.

“Saya baru saja selesai dari pemeriksaan lanjutan keempat. Selanjutnya, saya akan menjalani operasi lain untuk melindungi kesuburan saya. Karena serviks saya telah diangkat, prosedur ini akan melibatkan pengikatan rahim saya terlebih dahulu,” ChoA membeberkan.

Penghiburan dan Pengharapan

Tekadnya untuk sembuh total begitu besar. ChoA juga masih menyimpan harapan besar untuk memiliki buah hati.

“Masih banyak tantangan yang harus dihadapi terkait kehamilan dan persalinan, tapi saya bertekad untuk mengatasinya. Tujuan saya bertemu seorang anak yang cantik, menjadi seorang ibu, dan pulih sepenuhnya. Saya berharap dengan berbagi cerita saya, saya bisa memberikan penghiburan dan harapan kepada orang lain yang telah melalui pengalaman serupa,” tutupnya.

Karier ChoA

ChoA, yang memulai debutnya dengan Crayon Pop dan mendapat cinta luas melalui hit seperti "Bar Bar Bar" dan "Uh-ee," menikahi seorang pengusaha yang enam tahun lebih tua darinya.

Infografis Mengenal 8 Fungsi Keluarga
Infografis Mengenal 8 Fungsi Keluarga. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya