Film Olahraga Paling Seru Sepanjang 2013

Apa saja film yang menampilkan tema olahraga seru sepanjang 2013 ini?

oleh Liputan6 diperbarui 30 Des 2013, 22:40 WIB
Diterbitkan 30 Des 2013, 22:40 WIB
film-olahraga-131230c.jpg
Maraknya film bernuansa fiksi ilmiah pada tahun ini, menjadikan sajian film olahraga yang benar-benar membuat penonton tergugah pun tidak terlalu membludak.

Bahkan, kebanyakan hanya menyajikan judul-judul yang bernuansa olahraga ekstrim, balapan, serta bisbol. Sehingga, tidak ada satu pun film bernuansa basket maupun sepakbola yang menghiasi layar lebar.

Dari judul-judul yang sudah ada, hanya sedikit yang membuat para penonton terkesima. Akan tetapi, film-film tersebut patut diacungi jempol oleh karena keberanian para pembuatnya.

Apa saja film yang menampilkan adegan pertandingan serta tema olahraga seru sepanjang 2013 ini sesuai dengan jenisnya masing-masing? Berikut deretan selengkapnya.

metegol-131230c.jpg

42

Sutradara: Brian Helgeland
Pemain: Chadwick Boseman, T.R. Knight, Harrison Ford, Nicole Beharie

Dikemas dalam bentuk film biografi, 42 memberikan nuansa yang pastinya seru untuk ditonton para penggemar olahraga bisbol.

Berkisah mengenai atlet bisbol bernama Jackie Robinson di era 1940an, 42 menyajikan beberapa adegan pertandingan yang seru.

42 yang tayang pada 12 April ini juga mendapat banyak komentar positif serta penghasilan yang lumayan di box office.

turbo-131230c.jpg

Grudge Match

Sutradara: Peter Segal
Pemain: Robert De Niro, Sylvester Stallone, Kim Basinger

Mempertemukan dua aktor lawas yang pernah berperan sebagai petinju, Grudge Match menampilkan sisa-sisa kejayaan Robert De Niro sebagai Jake LaMotta di Raging Bull, dan Sylvester Stallone sebagai Rocky di atas ring.

Meski usia mereka sudah cukup tua, namun akting mereka sebagai saingan lama yang telah pensiun hingga bertemu 30 tahun kemudian ini, cukup memberi nostalgia tersendiri bagi fans keduanya.

Pendapatan maupun komentar terhadap film yang tayang tepat di hari Natal ini terhitung jatuh. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika para penggemar kedua aktor sekaligus olahraga tinju untuk menontonnya.

home-run-131230c.jpg

Rush

Sutradara: Ron Howard
Pemain: Daniel Bruhl, Chris Hemsworth, Olivia Wilde, Alexandra Maria Lara

Dimainkan oleh aktor berbakat Chris Hemsworth, film biografi tentang mendiang pembalap Formula One bernama James Hunt ini disajikan dengan cukup apik.

Unsur drama yang memperlihatkan persaingan James dengan Niki Lauda dan suasana arena balap 1976 Formula One season, sangat mendekati kenyataan.

Selain meraih pendapatan yang cukup besar di box office, penilaian terhadap Rush juga disambut dengan sangat positif.

drift-131230c.jpg

Drift

Sutradara: Ben Nott, Morgan O'Neill
Pemain: Myles Pollard, Xavier Samuel, Sam Worthington

Drift merupakan sebuah film asal Australia yang mengetengahkan olahraga berselancar. Kisahnya mengambil dunia peselancar di era 1970an.

Detail mengenai dunia selancar cukup ditampilkan secara baik di dalam Drift. Meski masih terdapat beberapa hal yang dianggap kurang sempurna, namun bagi yang penasaran dengan dunia surfing atau berselancar, boleh menjajal film satu ini.

Meski cukup banyak pengamat yang menilai film ini kurang bagus, akan tetapi Drift meraih penghargaan di berbagai macam festival film dunia sepanjang 2013.

rush-131230c.jpg

Home Run

Sutradara: David Boyd
Pemain: Scott Elrod, Dorian Brown, Charles Henry Wyson

Berkisah mengenai pemain bisbol profesional yang direhabilitasi setelah terkena beberapa kasus alkohol, Home Run menyajikan unsur drama yang sangat kuat.

Tak hanya seputar dunia bisbol dan rehabilitasi, namun hubungan asmara, hubungan ayah dan anak, serta hubungan dengan keluarga menjadi perhatian besar film ini.

Akan tetapi, Home Run tidak terlalu mencetak angka yang besar di box office. Bahkan, penilaian positif terhadap film ini juga tidak terlalu banyak. Meskipun begitu, unsur drama yang kuat menjadi keunikan tersendiri bagi Home Run.

grudge-match-131230c.jpg

Turbo

Sutradara: David Soren
Pemain: Ryan Reynolds, Paul Giamatti, Maya Rudolph, Samuel L. Jackson

Dibalut dengan gaya animasi CG (computer graphic) serta mengambil tokoh utama seekor siput ajaib, Turbo sangat menguatkan tema olahraga Formula One.

Ajang Indianapolis 500 yang ditampilkan dengan visualisasi kartun unik, membuat Turbo terlihat segar sebagai film olahraga berbalut fiksi dan komedi.

Turbo juga mampu meraih pendapatan yang cukup di box office serta penilaian lumayan bagus dari para pengamat film.

42-movie-131230c.jpg

Foosball (Metegol)

Sutradara: Juan Jose Campanella
Pemain: Rupert Grint, Anthony Head, Peter Serafinowicz

Barangkali tidak banyak yang mengetahui kehadiran film Foosball atau yang berjudul asli Metegol ini di bioskop seluruh dunia.

Akan tetapi, Foosball yang digarap di Argentina dalam format animasi, mampu menyajikan alunan cerita yang sangat unik dalam mengangkat tema sepakbola.

Kehadiran Foosball pun telah menjadi warna tersendiri bagi dunia animasi tiga dimensi di kancah perfilman dunia.(Rul)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya