Urus Administrasi BPJS Kesehatan di Pasuruan Makin Cepat, Ini Rahasianya

Layanan adiministrasi di loket kepesertaan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pasuruan Jawa Timur (Jatim) semakin cepat

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Mar 2020, 21:00 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2020, 21:00 WIB
BPJS Kesehatan
Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris melalukan spotcheck di Klinik Hemodialisis Tidore, Jakarta Pusat, Senin (13/01/2020), yang mana cuci darah untuk pasien JKN cukup verifikasi finger print. (Dok Humas BPJS Kesehatan)

Liputan6.com, Surabaya Layanan adiministrasi di loket kepesertaan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pasuruan Jawa Timur (Jatim) semakin cepat. Waktu antre peserta bisa dipangkas karena menerapkan Daftar Isian Peserta (DIP) Elektronik.

“Pakai DIP Elektronik, peserta tak perlu repot mengisi form kepesertaan secara manual,” ujar Endah Purwandari, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPPP) BPJS Kesehatan Pasuruan, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (9/3/2020).

Ia mengungkapkan implementasi DIP Elektronik masih tahap awal dari pengembangan. Penerapannya berkelanjutan sampai akhirnya tidak lagi menggunakan banyak kertas.

Secara nasional, DIP Elektronik tahap pertama ini serentak dimulai pada 5 Maret di seluruh kantor cabang maupun kantor kabupaten atau kota.

Mekanismenya, peserta tidak perlu mengisi formulir seperti sebelumnya, hanya membubuhkan tanda tangan dari cetakan DIP yang telah dimasukkan oleh front liner berdasarkan data yang disampaikan peserta.

"Dan layanan ini bisa dinikmati untuk seluruh transaksi peserta BPJS Kesehatan dari semua segmen,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya