10 Hektare Hutan dan Lahan di Kawasan Pengunungan Ijen Hangus Dilalap Api

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di kawasan pegunungan Ijen Bondowoso pada Senin, 26 Juni 2023 malam. Kebakaran tersebut terjadi di Petak 101 dengan vegetasi berupa ilalang di wilayah hutan lindung daerah Curah Penai, Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 27 Jun 2023, 16:03 WIB
Diterbitkan 27 Jun 2023, 16:03 WIB
10 Hektare lahan dan hutan  di Pegunungan Ijen Bondowoso terbakar (Istimewa)
10 Hektare lahan dan hutan di Pegunungan Ijen Bondowoso terbakar (Istimewa)

Liputan6.com, Bondowoso - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di kawasan pegunungan Ijen Bondowoso pada Senin, 26 Juni 2023 malam. Kebakaran tersebut terjadi di Petak 101 dengan vegetasi berupa ilalang di wilayah hutan lindung daerah Curah Penai, Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen.

"Titik Koordinat berada di -8.069119,114.212296," Ujar Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Yuliono pada Selasa (27/6/2023).

BPBD Bondowoso, kata dia, menerima laporan awal karhutla di pegunungan Ijen sekitar pukul 18.00 Wib. Luasan kebakaran hutan dan lahan yang terdampak tersebut diperkirakan mencapai 10 hektare.

"Setelah kita mendapatkan visualisasi lebih dekat dari lokasi Curah Penai, bisa diperkirakan luasan kebakaran kurang lebih 10 hektar," tambah Yuliono.

Wilayah terdampak Karhutla tersebut berubah setelah dilakukan pemantauan lebih lanjut. Sebelumnya luas perkiraan yang terbakar sekitar 5 hektar.

"Titik pantauan di Kalipahit dengan estimasi jarak pantauan kurang lebih 1 kilometer,"Papar Yuliono.

Kata dia, medan lokasi Karhutla di kawasan pegunungan Ijen tersebut sulit untuk dijangkau. Sehingga menyulitkan petugas dalam melakukan pemadaman.

"Untuk penanganan masih berupa pemantauan, karena lokasi kebakaran tidak dapat dijangkau baik kendaraan maupun berjalan kaki," tuturnya

Hingga saat ini, penyebab Karhutla di kawasan pegunungan Ijen tersebut masih dalam penyelidikan lebih lanjut oleh pihak terkait. 

Sementara penanganan Karhutla itu melibatkan sejumlah lintas elemen. Di antaranya Pemdes Kalianyar, BPBD, Perhutani KPH Ijen, Koramil, Polsek, Kecamatan Ijen, dan Satpol PP.

Selain itu juga melibatkan Agisena 5.5 BPBD Jawa Timur dan masyarakat sekitar terdampak karhutla. Kendaraan pendukung dari BPBD juga turut disiagakan.

Sebagai informasi, Gunung Ijen sendiri masuk di perbatasan dua wilayah, yakni Bondowoso dan Banyuwangi Jawa Timur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hutan Baluran Juga Kebakaran

10 Hektare lahan dan hutan  di Pegunungan Ijen Bondowoso terbakar (Istimewa)
10 Hektare lahan dan hutan di Pegunungan Ijen Bondowoso terbakar (Istimewa)

 

Sebelumnya, Sekitar kurang lebih dua hektare hutan jati di kawasan hutan Taman Nasional Baluran, Situbondo Terbakar pada Minggu malam 11 Juni 2023.

Koordinator Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo Puriono mengatakan, Kebakaran hutan jati di kawasan Taman Nasional Baluran itu terjadi sekitar pukul 20.30 Wib.

Kebakaran tersebut, terjadi di Blok Pengarengan, RPTN Watunumpuk. Daun jati dan ranting serta semak blukar yang mulai merangas akibat kemarau membuat api dengan cepat merambat. kata Puriono petugas membutuhkan waktu 1 jam untuk bisa memadamkan api tersebut

“Kami mendapatkan laporan sekitar pukul 20.30 Wib dan api baru bisa kita padamkan pukul 21.40 Wib. Karena kami memadamkan dengan menggunakan alat manual atau biasa disebut sistem kropyokan dengan menggunakan dedaunan yang masih hijau. Karena lokasi kebakaran hutan cukup jauh dari jalan raya sehingga tidak memungkinkan untuk menerjunkan mobil pamadam kebakaran,”ujar Puriono Senin, (12/6/2023).

Menurut Puriono, belum diketahui pasati penyebab kebakaran hutan jati di wilayah Taman Nasional Baluran ini, namun dugaan sementara akibat musim kemarau yang saat ini melanda wilayah Situbondo dan sekitarnya.

Infografis Siaga Darurat Karhutla Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Siaga Darurat Karhutla Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya