Respons Cak Imin soal Demokrat Akhirnya Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyatakan menghormati keputusan Partai Demokrat yang bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 19 Sep 2023, 08:04 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2023, 07:56 WIB
Bakal calon wakil presiden (bacawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Bakal calon wakil presiden (bacawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. (Liputan6.com/ Nanda Perdana Putra)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyatakan menghormati keputusan Partai Demokrat yang bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

"Selamat kepada Koalisi Indonesia Maju, sehingga semakin mengkokohkan barisan tambahan dan kita semakin mempercepat kristalisasi peta politik yang ada," kata Cak Imin di Surabaya, Senin, 18 September 2023, dikutip dari Antara. 

Bakal calon wakil presiden (bacawapres) dari Koalisi Perubahan ini menyatakan, pihaknya menyambut, menghormati pilihan Demokrat sebagai pilihan untuk kepentingan yang mereka sudah hitung sendiri

Cak Imin mengatakan saat ini koalisinya sedang proses pematangan dan menginventarisasi nama-nama tokoh untuk mencari ketua tim pemenangan yang sesuai dengan kebutuhan.

"Masih semua alternatif, belum ada yang pasti, salah satu ada Najwa Sihab, macam-macam lah ada banyak nama, masih belum, masih belum, digodok," katanya. 

Sebelumnya, Sekjen DPP Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya menyatakan, pertemuan antara Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat (MTP) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), beserta Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, selaku Bacapres Koalisi Indonesia Maju, di kediamannya di Hambalang merupakan pertemuan balasan.

“Pertemuan ini melanjutkan pertemuan sehari sebelumnya di Cikeas yang dilakukan oleh Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, dan Ketua MTP Demokrat SBY dan Ketua Umum Partai Demokrat AHY,” kata Riefky dalam keterangannya, Senin (18/9/2023).

Menurut Riefky, pertemuan kemarin untuk menuampaikan hasil keputusan MTP bahwa Demokrat mendukung Prabowo di Pilpres 2024

“Dalam pertemuan sore tadi di Hambalang, Ketua Umum Partai Demokrat menyampaikan hasil keputusan MTP Demokrat yang menyatakan Partai Demokrat mendukung Pak Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Ketum AHY juga menitipkan agenda perubahan dan perbaikan yang diusung Partai Demokrat.

“Yang sudah baik dilanjutkan, yang belum baik diperbaiki,” kata dia

Adapun deklarasi resmi untuk keputusan mendukung Prabowo, akan disampaikan AHY dalam Rapimnas Partai Demokrat.

“Akan disampaikan Ketua Umum AHY dalam Rapimnas pada hari Kamis, 21 September 2023, yang diikuti ribuan pengurus Partai Demokrat dari seluruh Indonesia,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Najwa Shihab Bantah Jadi Calon Ketua Tim Pemenangan

Najwa Shihab Buka Suara Usai Dijadikan Kandidat Ketua Timses Anies-Cak Imin
Najwa Shihab Buka Suara Usai Dijadikan Kandidat Ketua Timses Anies-Cak Imin

Najwa Shihab membantah menjadi salah satu kandidat tim pemenangan nasional pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Bantahan itu disampaikan Nana, sapaan akrab Najwa Shihab, usai Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB menyebut namanya masuk dalam tim pemenangan Anies-Cak Imin yang tengah digodok.

“Terkait disebutnya nama saya oleh pihak Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai salah satu kandidat Tim Pemenangan Nasional pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, saya klarifikasi bahwa saya tidak akan terlibat sebagai bagian tim sukses kandidat dan/atau partai mana pun dalam Pilpres/Pileg 2024,” kata Nana, Senin (18/9/2023).

Nana menjelaskan, belum pernah berkomunikasi mengenai hal ini dengan pihak mana pun, termasuk bersama PKB. Dia menegaskan, posisinya pada tahun politik ini masih akan berstatus sipil, tanpa berafiliasi dengan partai politik manapun.

“Pada Pilpers dan Pileg 2024 nanti saya masih akan berposisi seperti sebelumnya yaitu sebagai bagian dari masyarakat sipil yang independen,” jelas Nana. 

Infografis SBY Siap Turun Gunung Menangkan Prabowo di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis SBY Siap Turun Gunung Menangkan Prabowo di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya