PAN Rekomendasikan Khofifah untuk Pilgub Jatim 2024, Cawagub Pilih dari Kader Sendiri

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) menyatakan rekomendasi hanya untuk cagub saja, bukan cawagub.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 05 Des 2023, 09:07 WIB
Diterbitkan 05 Des 2023, 07:09 WIB
Khofifah mendapat rekomendasi PAN untuk maju Pilgub Jatim 2024. (Istimewa)
Khofifah mendapat rekomendasi PAN untuk maju Pilgub Jatim 2024. (Istimewa)

Liputan6.com, Surabaya - Partai Amanat Nasional (PAN) merekomendasikan nama Khofifah Indar Parwansah sebagai calon gubernur Jatim 2024.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) menyatakan rekomendasi hanya untuk cagub saja, bukan cawagub.

Dikonfirmasi mengenai Emil Elistiano Dardak calon wakil gubernur atau pendamping Khofifah, Zulhas menjawab bahwa kader PAN yang akan mengisi posisi tersebut.

"Rekomnya cuma Gubernur saja. Untuk Wakil Gubernur Jatim nanti kader dari PAN yang akan mendampingi Khofifah di Pilgub 2024," ujar Zulhas, di Surabaya, Senin (4/12/2023).

Zulhas mengungkapkan, pemberian surat rekomendasi tersebut lantaran selama menjadi Khofifah sudah terbukti sukses membawa Jawa Timur lebih baik.

"Yang terpenting dia pemimpin perempuan," ucapnya.

Zulhas juga mengaku sudah mengetahui karakter Khofifah. Dia dikenal sebagai sosok yang sangat berintegritas.

Terpisah, Khofifah mengaku terkejut atas rekomendasi yang diberikan PAN kepada dirinya untuk kembali maju sebagai Cagub pada Pilgub Jatim 2024.

Khofifah mengaku tidak dikabari sebelumnya, bahwa dirinya diundang menghadiri acara tersebut untuk menerima surat rekomendasi.

"Ini surprise karena tidak ada informasi sebelumnya bahwa hari ini akan diserahkan rekomendasi untuk Pilgub yang akan datang," ucap Khofifah.

Khofifah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PAN atas rekomendasi yang diterimanya tersebut. Surat rekomendasi dukungan tersebut, kata Khofifah menjadi langkah awal untuk dirinya bisa kembali maju di Pilgub 2024.

"Saya menyampaikan terima kasih, apresiasi, terhadap Partai Amanat Nasional, mengawali dari proses pemberian dukungan. Insya Allah saya maju kembali pada 2024. Mohon doa semuanya," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


TPN Prabowo-Gibran

Khofifah diusung PAN maju Pilgub Jatim 2024. (Istimewa)
Khofifah diusung PAN maju Pilgub Jatim 2024. (Istimewa)

Sebelumnya,  Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto memastikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bakal ikut dalam barisan pemenangan pasangan calon presiden nomor urut 2, Prabowo-Gibran. Meski Khofifah tidak tergabung secara resmi dalam struktur tim kampanye.

"Khofifah sudah pasti ikut pemenangan di Jawa Timur," kata Airlangga di kantor DPP Golkar, Jakarta, Selasa (21/11).

Menurut Airlangga, apakah Khofifah masuk struktur tim kampanye atau tidak masih akan dibahas oleh Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

"Akan dibahas di TKN," Airlangga menjelaskan posisi Khofifah.

Tanpa posisi resmi pun Khofifah tetap dalam barisan Prabowo-Gibran. Khofifah bakal membantu pemenangan di Jawa Timur.

"Posisinya nanti dilihat tetapi tanpa posisi resmi pun sudah akan memenangkan Jawa Timur," katanya.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memperkenalkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan mantan Gubernur Jatim Soekarwo sebagai tim pemenangan bakal capres dan bakal cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Khofifah dan Pakde Karwo sapaan Soekarwo diperkenalkan sebagai tim pemenangan Prabowo-Gibran di Jawa Timur.

Pengumuman Khofifah dan Pakde Karwo itu disampaikan Airlangga saat Hari Ulang Tahun (HUT) Golkar ke-59 di Gedung DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (6/11) malam. Khofifah datang memakai kerudung kuning dan Pakde Karwo memakai jas kuning.

Infografis SBY Siap Turun Gunung Menangkan Prabowo di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis SBY Siap Turun Gunung Menangkan Prabowo di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya