SnackVideo Gaet Kreator Konten Daerah untuk Menginspirasi Orang Indonesia

Dalam program SnackStar bertema 'Kekayaan Desa', SnackVideo akan menampilkan video tentang kretor konten daerah yang telah mencapai kesuksesan melalui usaha sendiri di lingkungan pedesaan.

oleh Iskandar diperbarui 02 Jul 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2024, 11:00 WIB
Kreator konten daerah pedesaan. Credit: SnackVideo
Kreator konten daerah pedesaan. Credit: SnackVideo

Liputan6.com, Jakarta - SnackVideo mempromosikan para kreator konten dari daerah pedesaan untuk menginspirasi banyak orang di Indonesia.

Dalam program SnackStar bertema 'Kekayaan Desa' ini SnackVideo akan menampilkan video tentang kreator konten daerah yang telah mencapai kesuksesan melalui usaha sendiri di lingkungan pedesaan.

Cerita-cerita mereka tidak hanya memberikan informasi dan pengalaman berharga bagi orang-orang dengan profesi atau situasi serupa, tetapi juga mendorong atau menginspirasi orang lain untuk bekerja keras dan mencoba berbagai hal baru.

Creator Growth & Partnership Manager SnackVideo, Wahyu Hidayat, mengatakan program ini akan menjadi ajang bagi para kreator untuk menunjukkan kemampuan mereka dan menginspirasi banyak orang di seluruh Indonesia.

"Kami juga sempat menggelar acara livestreaming bersama kreator konten untuk berbagi pengalaman bagaimana bisa sukses melalui konten di SnackVideo," ujar Wahyu melalui keterangannya, Selasa (2/7/2024).

SnackStar sendiri merupakan program inkubasi kreator yang dirancang untuk membantu para kreator konten mengembangkan karakter yang kuat dan menciptakan konten berharga, sesuai dengan kebutuhan dan minat audiens.

Acara 'Kekayaan Desa' akan menampilkan berbagai kreator konten yang telah berhasil mengubah kehidupan mereka menjadi lebih baik melalui kerja keras dan kreativitas di lingkungan pedesaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terbuka untuk Semua Orang

Diary Fimela: Dhea Ariesta, Si Gadis Minang yang Penuhi Sumpah Pemuda dengan Lestarikan Budaya Tari Tradisional
Simak cerita Dhea dalam melestarikan tari tradisional (SnackVideo)

Para kreator ini akan berbagi pengalaman mereka dalam menghadapi tantangan, menemukan solusi, dan mencapai kesuksesan di bidang masing-masing.

Kisah-kisah inspiratif ini diharapkan dapat memberikan dorongan kepada orang lain untuk berani mencoba hal-hal baru dan bekerja keras untuk mencapai tujuan mereka.

Selain itu, melalui acara ini, SnackVideo ingin menekankan bahwa kesempatan untuk menjadi terkenal dan sukses terbuka untuk semua orang, tanpa memandang latar belakang atau asal usul.

 


SnackVideo Hapus 5.060.003 Konten Negatif pada Januari-Juni 2023, dari Perundungan hingga Seksual

Laporan Transparansi Paruh I SnackVideo untuk periode Januari-Juni 2023. Credit: SnackVideo
Laporan Transparansi Paruh I SnackVideo untuk periode Januari-Juni 2023. Credit: SnackVideo

Di sisi lain, selama paruh pertama 2023 (1 Januari-30 Juni), SnackVideo mengklaim telah menghapus 5.060.003 video negatif secara global yang melanggar Pedoman Komunitas atau Persyaratan Layanan.

Mengutip Laporan Transparansi Paruh I SnackVideo untuk periode Januari-Juni 2023, Jumat (22/9/2023), total video yang dihapus kurang dari 1% dari seluruh konten yang diunggah pada periode ini.

Mengingat remaja merupakan salah satu segmen audiens terbesar, SnackVideo proaktif mendeteksi dan menghapus 92,34% dari konten-konten yang mengandung unsur-unsur membahayakan, sementara 95,44% dihapus dalam waktu 1x24 jam.

Konten-konten negatif tersebut antara lain mengandung unsur kekerasan, kegiatan berbahaya, melukai diri sendiri, perundungan, ujaran kebencian, materi seksual, serta aktivitas ilegal lainnya.

Dalam Laporan Transparasi ini SnackVideo menyebut rata-rata tingkat penghapusan video negatif yang dilakukan dalam waktu 1x24 jam melebihi angka 73%.

"Temuan Laporan Transparansi Paruh I 2023 menunjukkan adanya peningkatan moderasi konten ke arah yang semakin baik, seiring dengan pertumbuhan konsumsi video pendek di Indonesia,” kata Head of SnackVideo SEA & SA, Owen Qin.

Ia menuturkan perusahaan bekerja sama dengan pemerintah dan mengajak segenap tim moderator, kreator, maupun pengguna SnackVideo untuk mewujudkan internet sehat dari dan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

"Hal itu dimulai dari konten-konten yang positif dan menyenangkan di aplikasi SnackVideo,” ucap Owen.


Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual

Perlindungan terhadap hak kekayaan intelektual merupakan bagian penting lainnya dari pedoman konten di platform SnackVideo.

Perusahaan memperbolehkan pemegang hak kekayaan intelektual untuk melaporkan konten hasil plagiarisme, dan sejauh ini SnackVideo telah menindaklanjuti 100% dari 1.202 laporan terkait pelanggaran hak kekayaan intelektual yang diterima.

Dari sisi edukasi pengguna, SnackVideo juga memberlakukan mekanisme banding dan komunikasi dua arah agar pengguna yang tidak berniat melanggar mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pedoman konten.

Depak 667.504 Akun Nakal

Selain itu, SnackVideo telah menghapus 667.504 akun yang tidak kunjung patuh kepada pedoman konten dan tata tertib komunitas. Akun-akun ini sebelumnya telah mendapatkan peringatan berulang terkait konten yang mereka unggah.

SnackVideo menegaskan berkomitmen pula untuk mematuhi setiap peraturan perundang-undangan dan menjalin kolaborasi yang erat dengan badan pemerintah di seluruh dunia.

Selama periode 1 Januari-30 Juni 2023, SnackVideo mencatat tingkat kepatuhan 100% terhadap permintaan pembatasan konten yang dikeluarkan oleh pihak berwenang, sejalan dengan pedoman konten dan tata tertib komunitas SnackVideo serta regulasi yang berlaku di negara setempat.


Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya