Amankan Selat Bali pada Libur Nataru 2024, TNI AL Kerahkan KAL Rajegwesi

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi melakukan patroli laut di Selat Bali untuk pengamanan momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Komandan Lanal (Dan lanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Indra Nusha R meninjau langsung kesiapan pasukannya dari atas Kapal Angkatan Laut (KAL) Rajegwesi.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 27 Des 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 27 Des 2023, 18:00 WIB
Kapal Angkatan Laut (KAL) Rajegwesi menyisir laut Selat Bali untuk memastikan Patroli pada momen Libur panjang Nataru 2024 (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)
Kapal Angkatan Laut (KAL) Rajegwesi menyisir laut Selat Bali untuk memastikan Patroli pada momen Libur panjang Nataru 2024 (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

Liputan6.com, Banyuwangi - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi melakukan patroli laut di Selat Bali untuk pengamanan momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Komandan Lanal (Dan lanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Indra Nusha R meninjau langsung kesiapan pasukannya dari atas Kapal Angkatan Laut (KAL) Rajegwesi. 

Selain menyiagakan KAL Rajegwesi, Lanal Banyuwangi juga menyiagakan 1 Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB) dan 1 Rigid Bouyancy Boat (RBB). 

RHIB dan RBB adalah kapal karet berlambung padat yang digunakan untuk operasi pencarian dan penyelamatan (SAR). 

“Kita maksimalkan untuk mendukung kesiapan pengamanan dalam rangka Nataru di penyeberangan Ketapang-Gilimanuk,” kata Danlanal Banyuwangi, Selasa (26/12/2023).

Karena seperti diketahui, momen libur Nataru yang telah dimulai sejak 22 Desember 2023 mengakibatkan lonjakan penumpang yang berakibat pada meningkatnya aktivitas penyeberangan. 

“Arus kendaraan dari sektor utara, dari Situbondo Baluran sampai ke penyeberangan (pelabuhan) cukup padat,” ujarnya. 

Indra mengimbau kepada masyarakat yang menyeberang ke Bali untuk tetap mengutamakan keselamatan di jalan.

Untuk diketahui, selain melaksanakan patroli pengamanan di laut, sebelumnya Lanal Banyuwangi juga telah melakukan pantauan laut lewat udara bersama Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. 

“Kita melaksanakan patroli udara, Alhamdulillah semua berjalan lancar,” tutur Indra. 

Begitu juga dengan patroli laut yang dilaksanakan kali ini juga terpantau lancar dan cuaca cerah yang diharapkan akan terus berlangsung hingga libur Nataru 2024 selesai.


Pelabuhan Ketapang Ramai Lancar

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lapangan, arus penyebrangan di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, terpantai ramai lancar. Kendaraan yang menyebrang masih didominasi kendaran rod empat pribadi dan bus pariwisata.

Untuk volume kendaraan yang menyebrang pada hari ini Selasa (26/12/2023) terpantau lebih berkurang dibandingkan hari- hari sebelumnya. Meski demikian diperkirkan lonjakan penumpang yang hendak menyeberang ke Bali diperkirakan akan kembali padat mulai hari Sabtu (30/12/2023) dan Minggu (31/12/2023).

Untuk mengatisipasi kepadatan penumpang, PT ASDP Ketapang, telah menyiagakan 49 unit kapal di kedua Pelabuhan yaitu Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk. Dari jumalh tersebut 35 unit kapal dioperasikan untuk mengakut kendaraan di kedua sisi Pelabuhan.

Infografis Jalan Panjang Proses Hukum Gubernur Papua Lukas Enembe. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jalan Panjang Proses Hukum Gubernur Papua Lukas Enembe. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya