Pemkab Pamekasan Ubah Kebijakan UHC, Kini Menyasar Kelompok Masyarakat Khusus

Saat program itu pertama kali diluncurkan pada 2022, semua warga yang tidak ikut program perlindungan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), masuk dalam program tersebut.

oleh Erik Erfinanto diperbarui 09 Jul 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2024, 09:00 WIB
Menurunkan Risiko Hipertensi
Ilustrasi Alat Kesehatan Credit: pexels.com/Cycles

Liputan6.com, Pamekasan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur mengubah ketentuan program Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan perlindungan kesehatan semesta dari sebelumnya menyasar masyarakat umum, kini kepada kelompok masyarakat khusus.

"Yang dimaksud dengan kelompok masyarakat khusus adalah mereka yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," kata Penjabat (Pj) Bupati Pamekasan Masrukin di Pamekasan, Jawa Timur, Senin (8/7/2024).

Ia menjelaskan saat program itu pertama kali diluncurkan pada 2022, semua warga yang tidak ikut program perlindungan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), masuk dalam program tersebut.

Padahal, di antara warga yang tidak ikut program tersebut merupakan keluarga mampu dan mandiri secara ekonomi.

"Sedangkan tujuan utama dari program UHC ini adalah untuk melindungi masyarakat miskin dan kurang mampu," katanya.

Seiring berjalannya waktu, sambung Masrukin, pemkab melakukan kajian dan evaluasi, sehingga timbul gagasan untuk diubah, yakni fokus pada masyarakat miskin dan kurang mampu, dengan mengacu kepada DTKS.

Masrukin lebih lanjut menjelaskan program UHC Pemkab Pamekasan ini sebelumnya mengacu kepada Peraturan Bupati Nomor: 106 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan UHC dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Daerah.

"Sedangkan dasar hukum tentang ketentuan UHC yang baru ini adalah Perbup Nomor: 7 Tahun 2024 tentang Perubahan atas Perbup 106/2022 tentang Penyelenggaraan UHC dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Daerah," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berkurang Jadi 574.045 Jiwa

Saat pertama kali diluncurkan pada 7 Januari 2022, warga Pamekasan yang tercakup program ini mencapai 816.682 Jiwa yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan se-Kabupaten Pamekasan.

Namun saat ini program ini diterapkan, warga yang tercakup proram tersebut berkurang menjadi 574.045 jiwa sesuai DTKS.

"Saat ini yang tercakup program tersebut sebanyak 574.045 jiwa sesuai dengan jumlah warga yang masuk dalam data DTKS," ujarnya.

Infografis Journal Banyak Aduan Peserta BPJS Kesehatan di RS?
Banyak Aduan Peserta BPJS Kesehatan di RS?(Abdillah/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya