Indra Sjafri Jelang Laga Lawan Timor Leste: Jangan Tanya Berapa Golnya, yang Penting Game Plan Berjalan

Menurut Indra, strategi yang diterapkan-nya seharusnya dapat memberikan respon yang berbeda dari pemain namun kenyataannya belum terjadi.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 23 Jul 2024, 13:14 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 13:05 WIB
FOTO Timnas Indonesia U-20
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri saat memantu sesi latihan gym para pemainnya di Ring Road Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (15/5/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Surabaya - Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri menyatakan pihaknya tidak mematok berapa banyak gol yang dicetak saat meladeni Timor Leste pada laga pamungkas grup A Piala AFF U-19 atau ASEAN U-19 Boys Championship di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Selasa (23/7/2024) malam.

"Jangan tanya berapa banyak golnya. Yang penting game plan kami berjalan sesuai dengan rencana. Kalau mentok, pemain harus dipandu, bagaimana mengatasi itu," ucap Indra dalam keterangannya di Surabaya, Selasa.

Menurut Indra, strategi yang diterapkan-nya seharusnya dapat memberikan respon yang berbeda dari pemain namun kenyataannya belum terjadi.

"Karena pertandingan pertama lawan Filipina dan kedua lawan Kamboja, dengan respon yang sama tidak ada solusi, jadi harus ada respon yang berbeda. Itu yang harus kami bisa (respon berbeda) untuk memenangkan pertandingan (saat lawan Timor Leste)," tuturnya.

Indra Sjafrijuga memuji para pemain Timor Leste yang terus menunjukkan perkembangan positif di level Asia Tenggara.

"Kalau di Asia Tenggara, Timor Leste, saya pikir mereka juga berkembang, termasuk tim-tim lain seperti Laos. Tim-tim usia muda hampir semuanya sudah merata," ujar pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro itu.

Bahkan, lanjutnya, bakat alami yang dimiliki tim dengan sebutan O Sol Nascente itu makin terlihat, terlebih ada salah satu pemainnya yang merumput di Liga 1 Indonesia, yakni Gali Frietas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Timor Leste Berkembang

Foto: Cetak Setengah Lusin Gol ke Gawang Filipina, Timnas Indonesia U-19 Puncaki Klasemen Sementara Grup A Piala AFF U-19 2024
Timnas Indonesia U-19 mengawali langkahnya di ajang Piala AFF U-19 2024 dengan mencatat kemenangan besar 6-0 atas Filipina U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (17/7/2024). Setengah lusin gol pasukan Indra Sjafri dihasilkan melalui brace Iqbal Gwijangge dan Arlyansyah Abdulmanan ditambah masing-masing satu gol dari Kadek Arel dan Jens Raven. Dengan hasil ini Garuda Muda sementara memimpin Grup A di atas Timor Leste yang hanya menang 3-2 atas Kamboja di laga lainnya. (Bola.com/Aditya Wany)

"Timor Leste berkembang dan bakat-bakat alami di Timor Leste selalu muncul yang baru-baru. Saya tahu persis yang main di PSIS, Gali Freitas, banyak pemain-pemain berbakat. Kemarin juga ada nomor 7 Luis Figo Pereira dan nomor 15 Ricardo Rorinho, banyak pemain-pemain bagusnya," imbuh Coach Indra.

Oleh karena itu, ia menyiapkan dua opsi strategi untuk mengantisipasi permainan Timor Leste yang menurutnya pertama bisa saja akan bermain tertutup dan mengincar serangan balik dan kedua akan bermain terbuka mengejar kemenangan karena membutuhkan poin penuh untuk lolos ke semifinal.

"Satu, apakah dia melayani kami dengan pertandingan terbuka, karena dia perlu menang. Atau mereka realistis seperti Kamboja kemarin melayani Indonesia yang main defending," tuturnya.

Berita Infografis - Diego Maradona dalam Angka
Berita Infografis - Diego Maradona dalam Angka (Bola.com/Adreanus Titus)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya