China Mobile Targetkan 600 Ribu BTS 4G di Akhir 2014

Pemerintah China sudah memutuskan untuk mengadopsi teknologi komunikasi 4G LTE. Operator di negeri itu berencana membangun 600 ribu BTS 4G.

oleh Denny Mahardy diperbarui 17 Mar 2014, 13:34 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2014, 13:34 WIB
Wang Zhang Zhong
Wang Zhang Zhong, Sales Director of Overseas for Mobile Phone Haier (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah China belum lama ini mengumumkan keputusannya untuk mengadopsi teknologi komunikasi 4G LTE (long term evolution). China Mobile sebagai operator terbesar di China sudah memiliki rencana besar dalam menyambut 4G di negaranya.

Perusahaan penyedia layanan komunikasi dengan jumlah pelanggan terbesar di dunia itu akan membangun 600 ribu BTS (base transceiver station). Hal itu diketahui dari salah satu petinggi perusahaan pembuat ponsel asal China, Haier yang merupakan salah satu mitra strategis China Mobile.

"China Mobile memiliki langkah luar biasa dalam mengadopsi teknologi LTE. Mereka berencana untuk memiliki 600 ribu BTS 4G di seluruh China di akhir tahun 2014 ini," papar Wang Zhang Zhong, Sales Director of Overseas for Mobile Phone Haier.

Lebih lanjut Wang mengungkap bahwa program pembangunan BTS dalam jumlah besar oleh China Mobile bukan hanya rencana semata. Ia menyebutkan bahwa mitra operatornya tersebut telah mulai membangun BTS sejak beberapa waktu lalu.

"Setahu saya pembangunan BTS 4G milik China Mobile sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Untuk mewujudkan rencananya mereka menyediakan dana dalam jumlah yang sangat besar," ungkap Wang lagi ketika tim Tekno Liputan6.com bertandang ke kantor pusat Haier di Qingdao, China.

4G LTE merupakan teknologi komunikasi berbasis data yang mampu memberikan kecepatan hingga 42 Mbps. Teknologi komunikasi tersebut sudah diadopsi oleh banyak negara di dunia, rencananya Indonesia juga segera mengadopsi 4G LTE.

Baca juga:
Bangun Pabrik Ponsel di Indonesia, Berapa Modal Haier?
Haier Akan Bangun Pabrik Ponsel di Indonesia
300 Ribu Andromax Siap Banjiri Pasar Ponsel Indonesia
Haier Siapkan Smartphone Khusus Selfie Untuk Indonesia
Penuhi Kapasitas Produksi Andromax, Smartfren Gandeng Haier

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya